Ternyata Ada Soal Isian Singkat Pada Un 2018

Satu hal yang tidak sama dari ujian nasional (UN) tahun 2018 yaitu adanya soal mata pelajaran matematika yang harus dijawaban dengan isian singkat. Kebijakan gres ini diterapkan untuk mengukur kemampuan siswa melalui soal yang memakai kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills).

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kiki Yuliati, dikala pembukaan Rapat Koordinasi Training of Trainers (ToT) Sosialisasi Pelaksanaan UN 2018 di Jakarta, Minggu (11/12/2017).

“Dari sisi tujuan penilaiannya sendiri, isian singkat ini untuk membuatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa,” ujar Kiki.

Ia menegaskan, isian singkat untuk mata pelajaran matematika ini tidak sama dengan esai. Namun, akan ada prosedur evaluasi atau scoring khusus untuk jawabanan berupa isian singkat. Saat ini BSNP dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) gres membuatkan soal UN dengan jawabanan isian singkat untuk mata pelajaran matematika. Ke depan, secara sedikit demi sedikit akan dikembangkan pula soal dengan jawabanan isian singkat untuk mata pelajaran lain.

“Kita gres membuatkan matematika untuk skala jumlah akseptor UN yang besar ini. Kita lakukan bertahap, dimulai dari matematika,” kata Kiki. Ia menambahkan, jumlah butir soal untuk isian singkat tersebut tidak banyak. “Jadi belum dominan,” tuturnya.

Sejak bulan Agustus 2017, BSNP sudah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 yang sanggup diunduh di laman https://www.kemdikbud.go.id. Kiki menuturkan, kisi-kisi soal UN dibentuk BSNP bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud.

Kisi-kisi yang sudah diterbitkan itu mencakup beberapa aspek untuk tiruana soal, sehingga bisa dijadikan sebagai soal pilihan ganda maupun isian singkat. “Jadi satu kisi-kisi yang sama, kemudian dari kisi-kisi itu kita memilah dan menentukan mana yang bisa untuk pilihan ganda, mana yang bisa untuk isian singkat,” katanya (sumber kemdikbud.go.id)







= Baca Juga =



0 Response to "Ternyata Ada Soal Isian Singkat Pada Un 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel