Pedoman (Petunjuk) Penyusunan Rpp Sebagai Materi Refleksi Pendampingan Kurikulum 2013
![]() |
PEDOMAN (PETUNJUK) PENYUSUNAN RPP |
Memasuki In 1 Pelaksanaan Kurikulum 2013, admin membagi ulang Pedoman Penyusunan RPP Bahan Refleksi Pendampingan Kurikulum 2013 yang sudah disusun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama 2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RPP dikembangkan secara rinci mengacu pada KI-KD, silabus dan bahan ajar. RPP terdiri atas komponen KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Masing-masing komponen saling berhubungan secara logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh. Sebagian besar komponen silabus dapat langsung digunakan dalam pengisian komponen-komponen RPP.
========================================
========================================
Menurut Admin secara prinsip, apapun bentuk RPP yang dibentuk oleh guru selama mengacu pada KI-KD, silabus dan materi didik serta serta mencerminkan pembelajaran yang berbasis saintifik dan sanggup dipahami serta dimplemtasikan oleh guru itu sendiri pada prinsipnya tidak salah.
Namun alasannya sudah ada pedoman penyusunan RPP yang sudah diterbitkan jikalau bisa sudah sewajarnya guru membuat RPP sesuai Juknis atau petunjuk guna keseragaman dan kesamaan persepsi. Berikut ini ialah petunjuk penyusunan RPP untuk setiap komponen sesuai dengan format RPP menurut Permendikbud No 22 Tahun 2016.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ((RPP)
Sekolah : … (Isilah dengan nama sekolah)
Mata Pelajaran : ... (Isilah dengan nama mata pelajaran)
Kelas/Semester : … (Isilah dengan jenjang kelas dan semester)
Materi Pokok : ... (Isilah dengan pokok bahasan)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI dari Permendikbud No.24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.
CONTOH
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawaban dalam diberinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan tragedi tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Tuliskan Kompetensi Dasar sesuai dengan yang tertera Permendikbud No.24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.
2. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi berupa: (a) sikap (tercermin dalam kata kerja) yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) sikap yang sanggup diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4. Pola atau rumus menuliskan indikator adalah “kata kerja (menerangkan, membedakan, menganalisis, dan sebagainya) + kata benda (pengetahuan atau isi, atau materi pembelajaran)”. misal: Membedakan makhluk hidup dan mahkluk tidak hidup; menganalisis fenomena perpindahan penduduk dari desa ke kota; mengevaluasi (menilai) interaksi sosial masyarakat masyarakat di daerah tertentu”, dan sebagainya.
5. Kendati indikator ialah jabaran dari KD, guru dapat merumuskan indikator dengan kata kerja (proses kognitif atau kecakapan berpikir) yang lebih kompleks daripada KD. Misalnya KD 3 menggunakan kata kerja “memahami”, maka guru sanggup merumuskan indikatornya dengan kata kerja antara lain “menerangkan, membedakan, memdiberi contoh, mengklasifikasikan, membuat ikhtisar, menuliskan dengan kata-kata sendiri”.
6. Di samping meliputi kata kerja yang mencerminkan “perilaku”, Indikator KD juga meliputi kata benda yakni pengetahuan, atau materi, atau isi pembelajaran. misal, “siswa dapat membedakan ciri-ciri makhluk hidup dan tidak hidup”. Dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL), pengetahuan pembelajaran ini dibedakan menjadi pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Sama seperti indikator, tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang meliputi beberapa aspek sikap, pengetahuan, danketerampilan.
2. Pola atau rumusan tujuan pun pada pokoknya sama dengan indikator (kata kerja + kata benda). Lengkapnya sering disebut dengan rumus ABCD. A ialah audience atau peserta didik, B ialah behaviour atau perilaku (kata kerja), C ialah Condition atau keadaan yang harus dipenuhi, dan D ialah degree atau batas minimal tingkat keberhasilan.
3. Biasanya C (conditioning) diletakkan di pertama rumusan tujuan, diikuti dengan unsur-unsur lain yakni Audience, Behaviour, dan Degree. misal rumusan tujuan pembelajaran “Sesudah menyelesaikan serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat menerangkan konsep fotosintesis dengan memakai bahasanya sendiri”
4. Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat spesifik dan tidak sanggup diuraikan lagi, rumusan tujuan pada pokoknya sama dengan rumusan indikator.
5. Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk tiap-tiap pertemuan.
CONTOH:
Pertemuan pertama
Sesudah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran akseptor didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan kedua
Sesudah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran akseptor didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst…
Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terpola ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini.Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan.Nilai-nilai yang dijadikan serius dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan.Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
misal: kejujuran, kekedulian
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang dapat berupa pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, atau metakognitif sesuai tuntutan KD.
CONTOH (Bahasa Inggris)
1. Materi pembelajaran reguler
Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD.
a. Teks ... (contoh teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks ... (uraian singkat terlampir)
c. Struktur teks ... (uraian singkat terlampir)
d. Grammar: ... (uraian singkat terlampir)
e. Kosakata terkait dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
f. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
2. Materi pembelajaran pengayaan
Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/ perluasan/ pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler.
a. Grammar: ... (uraian singkat terlampir)
b. Kosa kata terkait dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
c. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
3. Materi pembelajaran remedial
Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan susah dikuasai oleh sebagian/seluruh akseptor didik.
a. Grammar: ...
b. Kosakata terkait dengan tema ...
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2. Metode pembelajaran yang dipilih ialah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi akseptor didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan masa 21.
NB Catatan Admin: Jika mengacu pada Permendikbud No 22 tahun 2016 tidak ada komponen Model Pembelajaran dalam RPP. Makara jikalau ada guru yang tidak mencantumkan model pembelajaran saya rasa tidak jadi masalah. Untuk K13 yang terpenting arahnya pada pembelajaran berbasis saintifik.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Saintifik.
F. Media dan Bahan
Petunjuk:
1. Media
Tulis spesifikasi tiruana media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH
a. Video klip/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
2. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) tiruana materi yang diperlukan.
G. Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi tiruana sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH
1. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8. Lainnya (sesuai dengan hukum yang berlaku)
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang meliputi beberapa aspek kegiatan penlampauan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan akseptor didik YANG DAPAT dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah.
4. Langkah-langkah dan aktivitas pembelajaran pada KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip mencar ilmu dari metode yang diterapkan.
5. Tulis jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan penlampauan, inti, dan penutup.
CONTOH
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Penlampauan (8 menit)
CONTOH
1) Guru … untuk mengondisikan suasana mencar ilmu yang sangat bahagia.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan memberikan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4) Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru memberikan lingkup penilaian, yaitu … dan metode penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
misal metode pembelajaran dengan METODE SAINTIFIK:
· Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati pegunungan Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya pegunungan Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.
· Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan perihal hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya pegunungan Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (untuk IPA), …
Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
· Mengumpulkan informasi/ data/ mencoba – menalar/ mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Misal IPS: Peserta didik mewawancarai ahli kepegununganapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan pegunungan Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda pegunungan Merapi akan meletus (fenomena pegunungan meletus). Kemudian akseptor didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan akseptor didik.
Nb Catatan Admin:
Jadi jikalau Bapak/Ibu guru kesusahan merinci langkah lima 5 M, biasa saja digabung antara M yang satu dengan M yang lainnya. Misalnya dalam referensi diatas menggabungan antara Mengumpulkan informasi/ data/ mencoba, menalar/ mengasosiasi dan mengomunikasikan.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
· Guru memfasilitasi akseptor didik membuat butir-butir jawaban terkena ….
· Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan belum sempurnanya kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawaban pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawabanan dengan cara ….
· Guru guru memdiberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
· Guru memberikan kegiatan mencar ilmu yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
· Guru memdiberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan diberikutnya, yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a. Kegiatan Penlampauan (8 menit)
CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana mencar ilmu yang sangat senang dengan .
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru memberikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (LANJUTAN DENGAN METODE SAINTIFIK):
· Mengumpulkan informasi/ data/ mencoba – menalar/ mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA untuk pertanyaan 4 dan 5)
· Mengumpulkan informasi/ data/ mencoba – menalar/ mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA untuk pertanyaan
Dst.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
· Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir jawaban terkena ….
· Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan belum sempurnanya kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawaban pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawabanan dengan cara ….
· Guru memdiberiumpan balik akseptor didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
· Guru melaksanakan melakukan penilaian dengan metode ….
· Guru memberikan kegiatan mencar ilmu yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
· Guru memdiberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan diberikutnya, yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Penlampauan (8 menit)
CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana mencar ilmu yang sangat senang dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru memberikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (pembelajaran dengan pendekatan saintifik):
· Mengumpulkan informasi/ data/ mencoba – menalar/ mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA untuk pertanyaan 7 dan 8)
· Mencipta
Misal: Peserta didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan pegunungan api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tumbuhan yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); …
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
· Guru bahu-membahu akseptor didik membuat butir-butir jawaban terkait ….
· Guru bersama-sama peserta didikmelakukan identifikasi kelebihan dan belum sempurnanya kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawaban pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawabanan dengan cara …; serta mencipta …
· Guru melaksanakan penilaian dengan metode ….
· Guru memdiberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
· Guru memdiberitahukan pembelajaran jadwal pengayaan, yaitu …
· Guru memdiberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan diberikutnya, yaitu ….
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih metode penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih metode penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
c. Pengetahuan
Tulis satu atau lebih metode penilaian pengetahuan dan tuangkan dalam tabel.
d. Keterampilan
Tulis satu atau lebih metode penilaian Keterampilan dan tuangkan dalam tabel.
misal Format tabel
No | Teknik | Bentuk Instrumen | misal Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• mencar ilmu kelompok
• memanfaatkan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan mencar ilmu didiberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk ekspansi dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesusahan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber
Referensi: Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama 2017
0 Response to "Pedoman (Petunjuk) Penyusunan Rpp Sebagai Materi Refleksi Pendampingan Kurikulum 2013"
Posting Komentar