Fungsi Manajemen, Pola Dan Penjelasannya Berdasarkan Para Ahli
Fungsi Manajemen, misal dan Penjelasannya Menurut Para Ahli - Manajemen melibatkan fungsi-fungsi dalam mencapai tujuannya. Seperti diketahui bahwa fungsi manajemen sanggup tidak sama antara andal satu dengan andal lainnya,. Fungsi administrasi tersebut antara lain berdasarkan Griffin fungsi administrasi dibedakan menjadi empat fungsi yaitu perencanaan/planning dan pengambilan keputusan, pengoraginsasian/organizing, kepemimpinan/leading, pengendalian atau pengawasan/controlling.
Henry Fayol sebut fungsi administrasi ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, pemdiberian perintah/ commanding, koordinasi/coordinating dan pengawasan/controlling.
Luther Gullick menyebut fungsi administrasi sebagai diberikut perencanaan/ planning, pengorganisasian/organizing, penyusunan personalia/Staffing, pengarahan/directing, koordinasi/coordinatingi, pelaporan/reporting dan pengawasan/controlling.
James Stoner menyampaikan fungsi manajemennya ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, kepemimpinan/leading dan pengawasan/controlling.
Henry Fayol sebut fungsi administrasi ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, pemdiberian perintah/ commanding, koordinasi/coordinating dan pengawasan/controlling.
Luther Gullick menyebut fungsi administrasi sebagai diberikut perencanaan/ planning, pengorganisasian/organizing, penyusunan personalia/Staffing, pengarahan/directing, koordinasi/coordinatingi, pelaporan/reporting dan pengawasan/controlling.
James Stoner menyampaikan fungsi manajemennya ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, kepemimpinan/leading dan pengawasan/controlling.
image source: |
baca juga
Koontz & O’donnel merumuskan fungsi manajemennya ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penyususnan personalia/staffing, pengarahan/directing, dan pengawasan/controlling.
George Terry mempersembahkan klarifikasi fungsi manajer adalah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penggerakan/actuating dan pengawasan/controlling. Pendapat-pendapat di atas sanggup diringkas dalam bentuk gambar sebagai diberikut :
Tabel : Fungsi –fungsi Manajer
Dari pendapat tentang fungsi--fungsi administrasi di atas sanggup disimpulkan bahwa fungsi manajer ialah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan ialah fungsi pokok dalam manajemen. Dan fungsi-fungsi tersebut menggambarkan kerangka yang dipakai untuk mrncapai tujuan.organisasi, .selanjutnya penulis akan mengambarkan secara garis besar fungsi perancanaan, pengoraginsasian, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.
1.Perencanaan
Perencanaan berarti menetapkan tujuan organisasi dan memilih bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Pengambilan keputusan ialah penggalan dari proses perncanaan ialah pemilihan suatu tindakan dari sejumlah alternatif. Perencanaan dan pengambilan keputusan memmenolong mempertahankan efektivitas manajerial, alasannya ialah menjadi petunjuk acara di masa depan. Artinya tujuan dan planning organisasi memmenolong manajer untuk mengetahui bagaimana mengalokasikan waktu dan sumber daya yang mereka miliki. Melalui perencanaan seorang manajer sanggup mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya dan memakai sumber dayanya.
2. Pengorganisasian
3.Pengarahan
Pengarahan ialah proses menumbuhkan semangat/motivation pada karyawan semoga sanggup bekerja keras dan giat, serta membimbing mereka dalam melaksanakan planning untuk mencapai tujuan. Melalui pengarahan menejer sanggup membuat komitmen, mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan. Apabila semangat kerja karyawan menurun manajer segera mempertimbangkan alternatif untuk mendorong kembali semangat kerja mereka dengan memahami faktor penyebab menurunnya semangat kerja tersebut.
Fungsi pengarahan juga untuk membuat atau mendapatkan karyawan melaksanakan apa yang diinginkan. Fungsi ini melibatkan kualitas, gaya, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan-kegiatan kepemimpinan menyerupai komunikasi, motivasi dan disiplin.
Kepemimpian ialah serangkaian proses yang dilakukan para anggauta organisasi semoga sanggup bekerja sama demi kepentingan organisasi tersebut. Seorang manajer akan memiliki suatu reputasi apabila manajer sanggup mendapatkan amanah dan jujur, bisa mengambil keputusan dengan tepat, memiliki kepribadian yang baik dan sanggup membaur dengan manajer puncak lainnya, sehingga sanggup bekerja sama sebagai tim yang kohesif dan efektif.
4. Koordinasi
George Terry mempersembahkan klarifikasi fungsi manajer adalah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penggerakan/actuating dan pengawasan/controlling. Pendapat-pendapat di atas sanggup diringkas dalam bentuk gambar sebagai diberikut :
Fungsi | Planning | Organizing | Leading | Staffing | Coordinating | Directing | Actuating | controlling |
Grifin | V | V | V | V | ||||
Henry Fayol | V | V | V | V | ||||
Luther Gulick | V | V | V | V | V | V | ||
James Stoner | V | V | V | V | ||||
Koontz O’donnel | V | V | V | V | V | |||
G Terry | V | V | V | V | V |
Tabel : Fungsi –fungsi Manajer
Dari pendapat tentang fungsi--fungsi administrasi di atas sanggup disimpulkan bahwa fungsi manajer ialah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan ialah fungsi pokok dalam manajemen. Dan fungsi-fungsi tersebut menggambarkan kerangka yang dipakai untuk mrncapai tujuan.organisasi, .selanjutnya penulis akan mengambarkan secara garis besar fungsi perancanaan, pengoraginsasian, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.
1.Perencanaan
Perencanaan berarti menetapkan tujuan organisasi dan memilih bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Pengambilan keputusan ialah penggalan dari proses perncanaan ialah pemilihan suatu tindakan dari sejumlah alternatif. Perencanaan dan pengambilan keputusan memmenolong mempertahankan efektivitas manajerial, alasannya ialah menjadi petunjuk acara di masa depan. Artinya tujuan dan planning organisasi memmenolong manajer untuk mengetahui bagaimana mengalokasikan waktu dan sumber daya yang mereka miliki. Melalui perencanaan seorang manajer sanggup mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya dan memakai sumber dayanya.
3.Pengarahan
Pengarahan ialah proses menumbuhkan semangat/motivation pada karyawan semoga sanggup bekerja keras dan giat, serta membimbing mereka dalam melaksanakan planning untuk mencapai tujuan. Melalui pengarahan menejer sanggup membuat komitmen, mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan. Apabila semangat kerja karyawan menurun manajer segera mempertimbangkan alternatif untuk mendorong kembali semangat kerja mereka dengan memahami faktor penyebab menurunnya semangat kerja tersebut.
Fungsi pengarahan juga untuk membuat atau mendapatkan karyawan melaksanakan apa yang diinginkan. Fungsi ini melibatkan kualitas, gaya, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan-kegiatan kepemimpinan menyerupai komunikasi, motivasi dan disiplin.
Kepemimpian ialah serangkaian proses yang dilakukan para anggauta organisasi semoga sanggup bekerja sama demi kepentingan organisasi tersebut. Seorang manajer akan memiliki suatu reputasi apabila manajer sanggup mendapatkan amanah dan jujur, bisa mengambil keputusan dengan tepat, memiliki kepribadian yang baik dan sanggup membaur dengan manajer puncak lainnya, sehingga sanggup bekerja sama sebagai tim yang kohesif dan efektif.
4. Koordinasi
Koordinasi ialah suatu perjuangan mengintegrasi, menyatukan tiruana kegiatan-kegiatn yang terdapat dalam organisasi, sehingga pekerjaan sanggup dilakukan dengan lancar. melaluiataubersamaini adanya koordinasi maka setiap bagian/unit kerja dalam melaksanakan pekerjaannya tidak akan terjadi kesamaan/duplikasi pekerjaan dengan bagian/unit kerja lainnya.
5. Pengendalian atau pengawasan
5. Pengendalian atau pengawasan
Semua fungsi tidak akan efektif tanpa ada fungsi pengawasan atau pengendalian.. Pengendalian memmenolong untuk memastikan efektivitas dan efisiensi yang dibutuhkan demi keberhasilan organisasi. Pengendalian dimaksudkan untuk melihat apakah kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan planning sebelumnya. Pengendalian mencakup beberapa aspek empat kegiatan yaitu (1) menetukan standar prestasi, (2) mengukur prestasi yang sudah dicapai, (3) membandingkan prestasi dengan standar, (4) melaksanakan perbaikan jikalau terdapat penyimpangan standar.
Sekian artikel perihal Fungsi Manajemen, misal dan Penjelasannya Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaa.
Daftar Pustaka
Daftar Pustaka
- Amirullah, haris Budiyono, 2004. Pengantar Manajemen; Graha IlmDaftar Pustakau, Yogyakarta
- Griffin, Alih bahasa Gina Gania MBA, 2002, Manajemn Jilid I; Erlangga, Jakarta
- John R Schermerhorn Jr, 1998, Manajemen, Jilid I dan II, Edisi Bahasa Indonesia, Andi, Yogyakarta
- Manullang, 1971, Dasar-Dasar Manajemen, CV Amanlaham, Medan
- T Hani Handoko. 1986, Manajemen, BPFE, Yogyakarta
0 Response to "Fungsi Manajemen, Pola Dan Penjelasannya Berdasarkan Para Ahli"
Posting Komentar