Kumpulan Kd (Kompetensi Dasar) Smp Edisi 2017 Kelas 7 Semester 1 (Format Doc) Untuk Pengisian E Rapor

KUMPULAN KD (KOMPETENSI DASAR) Sekolah Menengah Pertama EDISI 2017 KELAS 7 SEMESTER 1 (FORMAT DOC) UNTUK PENGISIAN E RAPOR 

KD (Komptenesi Dasar)  SMP Edisi 2017 Semester 1 (Format Doc) Untuk Pengisian E RAPOR


KD Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
memahami Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:33 serta hadis terkait wacana menuntut ilmu
3.2
memahami Q.S. an-NisƔ/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ɓli Imrān/3: 134 serta hadis terkait wacana ikhlas, sabar, dan pemaaf
3.3
memahami makna al-Asma‘u al-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-Bashir
3.4
memahami makna iman kepada malaikat menurut dalil naqli
3.5
memahami makna sikap jujur, amanah, dan istiqamah.
3.6
memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang bau tanah dan guru, dan tenggang rasa terhadap sesama
3.7
memahami ketentuan bersuci dari hadas besar menurut ketentuan syari’at Islam

KD Keterampilan
4.1
Membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:33 dengan tartil
4.2
membaca Q.S. an-NisƔ/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ɓli Imrān/3: 134
4.3
menyajikan teladan sikap yang mencerminkan orang yang meneladani al- Asma‘u al-Husna: al-Alim, alKhabir, as-Sami, dan al-Bashir
4.4
menyajikan teladan sikap yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt.
4.5
menyajikan makna sikap jujur, amanah, dan istiqamah.
4.6
menyajikan makna hormat dan patuh kepada kedua orang bau tanah dan guru, dan tenggang rasa terhadap sesama
4.7
menyajikan cara bersuci dari hadas besar


KD PPKn  SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
3.2
Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.3
Menganalisis kesejarahan perumusan dan akreditasi undang-undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945

KD Keterampilan
4.1
Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
4.2
Mengampanyekan sikap sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.3
Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan akreditasi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945


KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
Mengidentifikasi isu dalam teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.2
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.3
Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita  fantasi) yang dibaca dan didengar
3.4
Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
3.5
Mengidentifikasi teks mekanisme wacana cara melaksanakan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat makanan khas daerah, dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar
3.6
Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme wacana cara melaksanakan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat makanan khas
daerah, membuat cindera mata, dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar
3.7
Mengidentifikasi isu dari teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
3.8
Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan

Keterampilan
4.1
Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca
4.2
Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan verbal dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara verbal dan tulis
4.3
Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca
4.4
Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk kisah fantasi secara verbal dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penerapan bahasa
4.5
Menyimpulkan isi teks mekanisme wacana cara melaksanakan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik / tarian daerah, cara membuat makanan khas tempat dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar
4.6
Menyajikan data rangkaian acara ke dalam bentuk teks mekanisme (perihal cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara verbal dan tulis
4.7
Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
4.8
Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara verbal dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan


KD Matematika  SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
menerangkan dan menentukan urutan pada bilangan bundar (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
3.2
menerangkan dan melaksanakan operasi hitung bilangan bundar dan pecahan dengan memanfaatkan banyak sekali sifat operasi
3.3
menerangkan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bundar aktual dan negatif
3.4
menerangkan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, perhiasan himpunan dan melaksanakan operasi biner pada himpunan menggunakan
persoalan kontekstual
3.5
menerangkan bentuk aljabar dan melaksanakan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pertolongan)
3.6
menerangkan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya


KD Keterampilan
4.1
menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bundar dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
4.2
menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bundar dan pecahan
4.3
menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bundar aktual dan negatif
4.4
menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, perhiasan himpunan dan
operasi biner pada himpunan
4.5
menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
4.6
menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


KD  IPA Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1

KD Pengetahuan
3.1
Menerapkan konsep pengukuran banyak sekali bemasukan dengan menggunaan satuan standar (baku)
3.2
Mengklasifikas ikan makhluk hidup dan benda menurut karakteristik yang diamati
3.3
Menjelaskankonsep gabungan dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan seharihari
3.4
Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya  dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu badan pada insan dan hewan
3.5
Menganalisis konsep energi, banyak sekali sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan seharihari termasuk fotosintesis
3.6
Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel hingga organism dan komposisi utama penyusun sel

KD Keterampilan
4.1
Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur
yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan bendabenda di sekitar dengan menggunakan
satuan tak baku dan satuan baku
4.2
Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup
dan benda di lingkungan sekitar menurut karakteristik yang diamati
4.3
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya wacana sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
4.4
Melakukan percobaan untuk menilik efek kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
4.5
Menyajikan hasil percobaan wacana perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
4.6
Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan


KD  IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1

KD Pengetahuan

3.1
memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, tumbuhan dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan insan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
3.2
menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya


KD Keterampilan
4.1
menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, tumbuhan dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta
pengaruhnya terhadap  kehidupan insan Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
4.2
menyajikan hasil analisis wacana interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya


KD  Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1

KD Pengetahuan
3.1
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal verbal dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penerapannya
3.2
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta isu terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penerapannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait kekerabatan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)
3.3
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta isu terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penerapannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)
3.4
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta isu terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang erat dengan kehidupan siswa seharihari, sesuai dengan konteks penerapannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)

KD Keterampilan
4.1
menyusun teks interaksi interpersonal verbal dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2
menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis sangat pendek dan  sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta isu terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.3
menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta isu terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.4
menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta isu terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang erat dengan kehidupan siswa seharihari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


KD  Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1

KD Pengetahuan
3.1
memahami unsur, prinsip, metode dan mekanisme menggambar flora, fauna dan alam benda dengan banyak sekali bahan
3.2
memahami prinsip dan mekanisme menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
3.3
memahami mekanisme penerapan ragam hias pada materi buatan
3.4
memahami mekanisme penerapan ragam hias pada materi alam

KD Keterampilan
4.1
menggambar flora, fauna, dan alam benda
4.2
menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
4.3
menciptakan karya dengan banyak sekali motif ragam hias pada materi buatan
4.4
menciptakan karya dengan banyak sekali motif ragam hias pada materi alam


KD  Penjasorkes Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
Memahami gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.*)
3.2
Memahami gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola
kecil sederhana dan atau tradisional.*)
3.3
Memahami gerak spesifik
jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional.*)
3.4
Memahami gerak spesifik seni beladiri. **)
3.5
Memahami konsep tes
peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi badan dan
kelenturan) dan pengukuran hasilnya

KD Keterampilan
4.1
Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.*)
4.2
Mempraktikkan gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau
tradisional.*)
4.3
Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional.*)
4.4
Mempraktikkan gerak spesifik seni beladiri.**)
4.5
Mempraktikkan tes peningkatan derajat kebugaran  jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya
KD  Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1
memahami pengetahuan wacana jenis, sifat, karakter, dan metode pengolahan serat dan tekstil
3.2
memahami pengetahuan wacana prinsip  perancangan,
pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari materi serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif
3.3
memahami pengetahuan wacana jenis, sifat, karakter, dan  metode pengolahan kertas dan plastik lembaran
3.4
memahami pengetahuan wacana prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari materi kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif

KD Keterampilan
4.1
memilih jenis materi dan metode pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi tempat setempat (misalnya rumput / ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain)
4.2
merancang, menciptakan, dan menyajikan produk kerajinan dari materi serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi tempat setempat (misalnya rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain)
4.3
memilih jenis materi dan metode pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan potensi tempat setempat
4.4
merancang, menciptakan, dan menyajikan produk kerajinan
dari materi kertas  dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi tempat setempat







= Baca Juga =



0 Response to "Kumpulan Kd (Kompetensi Dasar) Smp Edisi 2017 Kelas 7 Semester 1 (Format Doc) Untuk Pengisian E Rapor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel