Memahami Teori Relasi Objek Berdasarkan Melanie Reizes Klein
Memahami Teori Relasi Objek Menurut Melanie Reizes Klein - Teori kekerabatan objek ialah kepingan dari teori Freud terkena teori insting, namun penyebabnya tidak sama dalam tiga hal. Klein disebut sebagai ibu dari teori kekerabatan objek, sedangkan Freud disebut sebagai ayah.
Aku lahir pada tanggal 30 Maret 1882 di Wina, Austria. Aku anak keempat dari empat bersaudara, dari pasangan Dr. Moris Reizes dan istri keduanya, Libussa Deutsch Reizes. Aku percaya bahwa kelahiranku itu tidak direncanakan oleh mereka. Keyakinan ini menciptakanku merasa ditolak oleh orangtuaku.
Aku tidak bersahabat dengan ayah, lantaran ayah lebih akung kepada abang perempuanku, Emilie. Ketika saya lahir lampau, ayah menolak agama Yahudi ortodoks, sehingga ia menolak menerapkan agama apapun di dalam rumah kami. Oleh lantaran itu, saya tumbuh sebagai anak yang tidak proagama, maupun yang tidak antiagama.
Hubunganku dengan orang terdekat di pertama kehidupanku sangat buruk. Aku merasa diabaikan ayah, yang ialah sosok yang dingin. Aku sangat menyayangi ibuku, namun korelasi kami sangat kaku. Aku paling bersahabat dengan abang perempuanku Sidonie, lantaran ia sering mengajarkanku aritmatika dan membaca. Namun, Sidonie meninggal pada dikala saya berusia 4 tahun. Walaupun demikian, harus kuakui bahwa saya tidak merasa sedih atas kematiannya. Sesudah Sidonie meninggal, saya bersahabat dengan abang laki-lakiku, Emmanuel. Aku sangat kagum dan terobsesi pada Emmanuel, sehingga hal ini kuat terhadap kesusahanku membina korelasi dengan laki-laki.
Saat saya berusia 18 tahun, ayah meninggal. Kemudian dikala saya berusia 20 tahun, Emmanuel meninggal. Kematian Emmanuel sangat mengguncang diriku. Namun, di masa sedih itu, saya berkeluargai mitra Emmanuel, yang berjulukan Arthur Klein. Anehnya, saya merasa ijab kabul ini menjadi penyebab dari gagalnya saya menjadi dokter. Oleh lantaran itu, sepanjang sisa hidupku, saya merasa menyesal lantaran tidak berhasil mencapai tujuan itu. Itu sebabnya, pernikahanku tidak bahagia, saya menghindari korelasi seksual dan tidak ingin hamil. Walaupun demikian, ijab kabul kami dikaruniai tiga anak, yaitu Melitta, Hans, dan Erich.
Pada tahun 1909, saya pindah lantaran suami ditugaskan di Budapest. Di sana saya bertemu dengan Sandor Ferenczi, anakdidik Freud, yang mengenalkanku pada psikoanalisis. Saat saya melahirkan Erich, ibuku meninggal. Hal ini menciptakanku depresi, sehingga saya meminta Ferenczi menganalisis diriku. Pengalaman ini menjadi titik balik dalam hidupku. Pada tahun itu juga, saya membaca buku Freud, dan kemudian saya menyadari apa yang menjadi tujuan hidupku dan kemudian mencari kepuasan dalam intelektual maupun emosional.
Aku percaya psikoanalisis, sehingga saya mengajar anak-anakku dengan prinsip Freudian. Aku menganalisis anak-anak, namun pada dikala dewasa, Hans dan Melitta justru menemui psikoanalis lain. Uniknya, akibatnya Melitta menjadi psikoanalis. Melitta menemui Karen Horney. Hubunganku dengan Horney cukup baik dan menarikdanunik, lantaran saya menganalisis kedua puteri Horney, dan sebaliknya, Horney menganalisis Melitta.
Pada tahun 1919, saya bercerai dengan suami. Sesudah perpisahan, saya membuka praktik psikonalisis di Berlin dan membuat makalah terkena analisis terhadap Erich. Makalah ini ialah bantuan pertamaku terhadap literatur psikoanalisis. Oya, gotong royong saya merasa tidak puas atas analisis Fernczi terhadap diriku, sehingga saya mengakhiri korelasi ku dengannya. Kemudian, saya dianalisis oleh Karl Abraham, namun 14 bulan kemudian Abraham meninggal. Pada dikala itu, saya memutuskan untuk melaksanakan self analysis, yang kulakukan selama sisa hidupku.
Teori yang saya kemukakan, bersumber dari analisisku terhadap anak-anakku sendiri. Aku percaya bahwa belum dewasa menyimpan perasaan yang positif dan negatif pada ibunya, serta membuatkan superego lebih pertama daripada yang diyakini Freud. Pandanganku yang tidak sama dari standar psikonalisis ini mengakibatkan saya diKoreksi mitra sejawat di Berlin. Kondisi ini menciptakanku tidak nyaman tinggal di kota tersebut.
Pada tahun 1926, Ernest Jones mengundangku ke London untuk menganalisis anak-anaknya, dan memberikan serangkaian kuliah terkena analisis anak. Serangkaian kuliah tersebut akibatnya menjadi buku pertamaku “The Psycho-Analysis of Children“. Akhirnya, saya memutuskan untuk menetap di Inggris, hingga sisa final hidupku. Oya, sekolah psikoanalisis di Inggris disebut sebagai “Sekolah Kleinian“.
Walaupun saya menyebut diriku Freudian, namun Freud dan Anna menolak konsep yang menekankan pentingnya masa kanak-kanak pertama dalam metode analisis yang kulakukan. Permusuhanku dengan Anna sudah dimulai semenjak kami di Wina hingga London. Selain itu, saya berseteru spesialuntuk terbatas pada orang yang mempunyai korelasi dengan Melitta.
Tahun 1934, anakku Hans meninggal lantaran jatuh. Hal ini membuat Melitta yakin bahwa Hans bunuh diri dan menuduhku sebagai penyebab maut Hans. Suami Melitta, yang berjulukan Walter Schmideberg juga ialah seorang psikoanalis. Pada dikala Melitta membuat analisis bersama Edward Glover (sainganku dalam British Society), hal ini memperburuk korelasi kami secara profesional dan personal. Sebenarnya, Melitta juga bukan pendukung Anna Freud, namun permusuhan kami memperumit perseteruanku dengan Anna. Anna dan Freud tidak mengakui adanya kemungkinan untuk menganalisis anak-anak. Perseteruanku dengan Anna tidak pernah mereda, dan masing-masing dari kami memutuskan dirinya lebih Freudian dari yang lainnya.
Akhirnya pada tahun 1946, British Society mendapatkan tiga mekanisme pengajaran, yaitu pengajaran tradisional dari Klein, pengajaran Anna Freud, dan Kelompok Tengah. Kelompok Tengah ini yakni pengajaran dengan pendekatan lebih bebas, yang tidak mendapatkan kedua metode pengajaran Anna dan Klein. Oleh lantaran itu, British Society tidak terpecah, walau dengan pencapaian janji yang tidak gampang.
Pengantar Teori Relasi Objek
Teori kekerabatan objek ialah kepingan dari teori Freud terkena teori insting, namun penyebabnya tidak sama dalam tiga hal. Klein disebut sebagai ibu dari teori kekerabatan objek, sedangkan Freud disebut sebagai ayah. Perbedaan tersebut akan dijelaskan pada tabel di bawah ini.
Teori Freud Teori Relasi Objek
Kehidupan Psikis pada Bayi
Dalam teorinya, Freud menekankan empat hingga enam tahun pertama dalam kehidupan insan untuk melaksanakan analisis. Sedangkan Klein menekankan empat hingga enam bulan pertama dalam kehidupan untuk melaksanakan analisis. Hal ini lantaran Klein yakin bahwa bayi tidak memulai hidup sebagai individu kosong. Bayi membawa predisposisi untuk mengurangi kecemasan yang dihasilkan oleh insting hidup dan mati.
Salah satu perkiraan yang ditetapkan Klein yakni ketika lahir, bayi sudah mempunyai fantasi kehidupan yang aktif. Fantasi ini ialah representasi psikis dari ketidaksadaran id. Bukan berarti bahwa bayi bisa membuktikan pemikirannya melalui kata-kata. Namun dalam ketidaksadarannya, semenjak lahir, bayi bisa membedakan baik dan buruk. Misalnya, jikalau perutnya penuh, maka bayi akan tenang, tidak menangis, dan sanggup pulas nyenyak. Hal ini dipersepsi bayi sebagai hal yang baik. Sebaliknya, jikalau perutnya kosong, maka bayi akan menangis, rewel, dan tidak sanggup pulas nyenyak. Hal ini dipersepsi bayi sebagai hal yang buruk. Konsep baik jelek ini sama dengan konsep baik jelek yang dikemukakan Sullivan. Sesuai perkembangan bayi, maka berkembang juga fantasi ketidaksadaran lainnya, yaitu Oedipus complex, atau impian meniadakan salah satu orangtua untuk melaksanakan korelasi seksual dengan orangtua satunya lagi.
Klein baiklah dengan Freud bahwa insan mempunyai dorongan bawaan atau insting, baik insting kehidupan maupun insting kematian. Dorongan-dorongan itu berupa objek. Objek tersebut yakni dorongan lapar untuk menerima payudara yang baik, dorongan melaksanakan korelasi seksual, dorongan mempunyai organ seksual, dan yang lainnya. Objek ini disebut objek eksternal. Dalam khayalan aktifnya, bayi mengintroyeksi atau mencapai struktur psikis pada objek eksternal, bukan spesialuntuk terbatas pada pemikiran saja, namun wujud nyata.
Posisi
Klein menyatakan bahwa bayi sudah mengalami konflik dasar antara insting hidup dan insting mati, menyerupai baik atau buruk, cinta atau benci, mencipta atau menghancurkan. Namun, sejalan dengan pertumbuhan ego yang mengalami integrasi, secara alami, bayi akan menentukan sesuatu yang sangat senang daripada yang tidak sangat bahagia.
Dalam menghadapi dikotomi baik dan jelek tersebut, bayi mengatur pengalaman mereka menurut posisi tertentu. Posisi di sini sanggup disejajarkan dengan tahapan perkembangan. Namun Klein menentukan memakai istilah posisi, lantaran ia berasumsi bahwa posisi sanggup mengalami kemajuan atau kemunduran. Sedangkan tahapan perkembangan tidak. Sehingga arti posisi bukanlah ialah periode perkembangan dalam rentang waktu tertentu pada fase kehidupan manusia. Posisi ditujukan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan normal, bukan abnormal, walaupun ia memakai istilah psikiatris atau patologis untuk memdiberi label pada nama posisi. Ada dua posisi yang dikemukakannya, yaitu posisi paranoid schizoid dan depresif.
Posisi paranoid-schizoid. Pada pertama kehidupannya, bayi melaksanakan kontak dengan payudara ibu, yang dipersepsi sebagai payudara baik dan buruk. Pengalaman kontak ini mempersembahkan pilihan antara keberhasilan atau kegagalan. Klein menyatakan bahwa bayi mempunyai impian menguasai payudara dan dorongan untuk menghancurkan payudara. Kedua impian berlawanan ini termanifestasi dalam dua hal. Di satu sisi, impian menghancurkan termanifestasikan dikala bayi menggigit, mengoyak, atau merobek payudara. Di sisi lain, impian menguasai termanifestasikan dalam tetap meyakini perasaannya bahwa ibu dan payudaranya yakni hal yang baik. Kondisi ambivalensi ini disebut posisi paranoid-schizoid. Klein menyampaikan bahwa bayi membuatkan posisi paranoid-schizoid ini pada usia tiga hingga empat bulan. Pada masa ini dimana bayi memilah objek-objek di dunia sebagai sesuatu yang baik dan buruk, hal ini akan menjadi prototipe ketika bayi menilai orang lain pada masa selanjutnya. Sehingga kondisi ambivalensi tersebut akan tetap ada pada dirinya. Posisi paranoid-schizoid ini setara dengan perkara konkret transferens dari seorang klien kepada terapisnya. Di satu sisi, klien merasa menyayangi analisnya, namun di sisi lain, klien sangat membencinya. Dalam kehidupan nyata, bahkan yang terjadi pada orang dewasa, terjadinya ambivalensi yakni sangat wajar. Ambivalensi itu masuk akal spesialuntuk jikalau terjadi secara sadar. Sedangkan ambivalensi yang terjadi dalam posisi ini yakni ambivalensi yang tidak disadari.
Posisi depresif. Pada usia lima atau enam bulan, bayi mulai sanggup melihat objek secara utuh, yaitu ada kebaikan dan keburukan sekaligus dalam diri seseorang. Oleh lantaran itu, pada dikala ini, bayi sanggup membuatkan citra yang realistis sebagai individu yang bebas dan juga sanggup melaksanakan kebaikan sekaligus keburukan dalam dirinya. Selain itu, ego nya sudah matang. Hal ini ditunjukkan pada dikala bayi mulai sanggup mendapatkan perasaan-perasaannya yang buruk, daripada memproyeksikannya.
Pada masa ini, bayi sudah mulai menyadari bahwa ibunya sanggup pergi jauh dan hilang selamanya, sehingga ia merasa takut kehilangan dan berusaha melindungi ibunya dari segala hal yang membahayakan ibunya tersebut. Namun, di sisi lain, bayi sadar bahwa ia tidak sanggup melindungi ibunya, sehingga hal ini menciptakannya merasa bersalah. Kondisi dimana bayi kehilangan objek yang dicintai, ditambah dengan perasaan bersalah lantaran tidak sanggup melindungi ibu, ini yang disebut dengan posisi depresif. Kondisi ini akan menjadi faktor yang menguntungkan bagi bayi dalam menjalin korelasi interpersonalnya di masa yang akan hadir.
Posisi depresif ini akan hilang, jikalau kelak bayi sanggup membuat khayalan untuk memperbaiki keadaan, dan meyakini bahwa ibu tidak akan hilang selamanya, melainkan akan kembali setiap kali ibu pergi. Hilangnya posisi depresif ini akan menghilangkan pandangan bayi bahwa ada ibu baik dan ada ibu buruk. Hal itu tidak berlaku lagi pada bayi. Ketika posisi itu sudah dilewati, bayi tidak spesialuntuk akan bisa mendapatkan kasih akung dari ibunya, tetapi juga sanggup memberikan kasih akung kepada ibunya.
Mekanisme Pertahanan Psikis
Klein menyatakan bahwa semenjak pertama, bayi sudah sanggup memakai beberapa mekanisme pertahanan psikis, untuk melindungi perasaan ambivalen, yang berasal dari kecemasan bahwa payudara yakni objek yang menakutkan, namun juga sebagai objek yang sangat bahagia. Untuk mengendalikan kecemasan ini, bayi memakai beberapa mekanisme pertahanan diri.
Empat mekanisme pertahanan diri itu yakni :
Internalisasi
Internalisasi ialah perjuangan orang untuk melaksanakan introyeksi, yaitu memasukkan aspek eksternal, dan mengolah menjadi sesuatu yang bermakna psikologis. Teori Kleinian sebut tiga internalisasi yang penting, yaitu :
Sekian artikel perihal Memahami Teori Relasi Objek Menurut Melanie Reizes Klein. Semoga bermanfaa.
Daftar Pustaka
Kisah Melanie Reizes Klein (30 March 1882 – 22 September 1960)
Aku lahir pada tanggal 30 Maret 1882 di Wina, Austria. Aku anak keempat dari empat bersaudara, dari pasangan Dr. Moris Reizes dan istri keduanya, Libussa Deutsch Reizes. Aku percaya bahwa kelahiranku itu tidak direncanakan oleh mereka. Keyakinan ini menciptakanku merasa ditolak oleh orangtuaku.
Aku tidak bersahabat dengan ayah, lantaran ayah lebih akung kepada abang perempuanku, Emilie. Ketika saya lahir lampau, ayah menolak agama Yahudi ortodoks, sehingga ia menolak menerapkan agama apapun di dalam rumah kami. Oleh lantaran itu, saya tumbuh sebagai anak yang tidak proagama, maupun yang tidak antiagama.
Teori Relasi Objek Menurut Melanie Reizes Klein |
Hubunganku dengan orang terdekat di pertama kehidupanku sangat buruk. Aku merasa diabaikan ayah, yang ialah sosok yang dingin. Aku sangat menyayangi ibuku, namun korelasi kami sangat kaku. Aku paling bersahabat dengan abang perempuanku Sidonie, lantaran ia sering mengajarkanku aritmatika dan membaca. Namun, Sidonie meninggal pada dikala saya berusia 4 tahun. Walaupun demikian, harus kuakui bahwa saya tidak merasa sedih atas kematiannya. Sesudah Sidonie meninggal, saya bersahabat dengan abang laki-lakiku, Emmanuel. Aku sangat kagum dan terobsesi pada Emmanuel, sehingga hal ini kuat terhadap kesusahanku membina korelasi dengan laki-laki.
Saat saya berusia 18 tahun, ayah meninggal. Kemudian dikala saya berusia 20 tahun, Emmanuel meninggal. Kematian Emmanuel sangat mengguncang diriku. Namun, di masa sedih itu, saya berkeluargai mitra Emmanuel, yang berjulukan Arthur Klein. Anehnya, saya merasa ijab kabul ini menjadi penyebab dari gagalnya saya menjadi dokter. Oleh lantaran itu, sepanjang sisa hidupku, saya merasa menyesal lantaran tidak berhasil mencapai tujuan itu. Itu sebabnya, pernikahanku tidak bahagia, saya menghindari korelasi seksual dan tidak ingin hamil. Walaupun demikian, ijab kabul kami dikaruniai tiga anak, yaitu Melitta, Hans, dan Erich.
Pada tahun 1909, saya pindah lantaran suami ditugaskan di Budapest. Di sana saya bertemu dengan Sandor Ferenczi, anakdidik Freud, yang mengenalkanku pada psikoanalisis. Saat saya melahirkan Erich, ibuku meninggal. Hal ini menciptakanku depresi, sehingga saya meminta Ferenczi menganalisis diriku. Pengalaman ini menjadi titik balik dalam hidupku. Pada tahun itu juga, saya membaca buku Freud, dan kemudian saya menyadari apa yang menjadi tujuan hidupku dan kemudian mencari kepuasan dalam intelektual maupun emosional.
Aku percaya psikoanalisis, sehingga saya mengajar anak-anakku dengan prinsip Freudian. Aku menganalisis anak-anak, namun pada dikala dewasa, Hans dan Melitta justru menemui psikoanalis lain. Uniknya, akibatnya Melitta menjadi psikoanalis. Melitta menemui Karen Horney. Hubunganku dengan Horney cukup baik dan menarikdanunik, lantaran saya menganalisis kedua puteri Horney, dan sebaliknya, Horney menganalisis Melitta.
Pada tahun 1919, saya bercerai dengan suami. Sesudah perpisahan, saya membuka praktik psikonalisis di Berlin dan membuat makalah terkena analisis terhadap Erich. Makalah ini ialah bantuan pertamaku terhadap literatur psikoanalisis. Oya, gotong royong saya merasa tidak puas atas analisis Fernczi terhadap diriku, sehingga saya mengakhiri korelasi ku dengannya. Kemudian, saya dianalisis oleh Karl Abraham, namun 14 bulan kemudian Abraham meninggal. Pada dikala itu, saya memutuskan untuk melaksanakan self analysis, yang kulakukan selama sisa hidupku.
Teori yang saya kemukakan, bersumber dari analisisku terhadap anak-anakku sendiri. Aku percaya bahwa belum dewasa menyimpan perasaan yang positif dan negatif pada ibunya, serta membuatkan superego lebih pertama daripada yang diyakini Freud. Pandanganku yang tidak sama dari standar psikonalisis ini mengakibatkan saya diKoreksi mitra sejawat di Berlin. Kondisi ini menciptakanku tidak nyaman tinggal di kota tersebut.
Pada tahun 1926, Ernest Jones mengundangku ke London untuk menganalisis anak-anaknya, dan memberikan serangkaian kuliah terkena analisis anak. Serangkaian kuliah tersebut akibatnya menjadi buku pertamaku “The Psycho-Analysis of Children“. Akhirnya, saya memutuskan untuk menetap di Inggris, hingga sisa final hidupku. Oya, sekolah psikoanalisis di Inggris disebut sebagai “Sekolah Kleinian“.
Walaupun saya menyebut diriku Freudian, namun Freud dan Anna menolak konsep yang menekankan pentingnya masa kanak-kanak pertama dalam metode analisis yang kulakukan. Permusuhanku dengan Anna sudah dimulai semenjak kami di Wina hingga London. Selain itu, saya berseteru spesialuntuk terbatas pada orang yang mempunyai korelasi dengan Melitta.
Tahun 1934, anakku Hans meninggal lantaran jatuh. Hal ini membuat Melitta yakin bahwa Hans bunuh diri dan menuduhku sebagai penyebab maut Hans. Suami Melitta, yang berjulukan Walter Schmideberg juga ialah seorang psikoanalis. Pada dikala Melitta membuat analisis bersama Edward Glover (sainganku dalam British Society), hal ini memperburuk korelasi kami secara profesional dan personal. Sebenarnya, Melitta juga bukan pendukung Anna Freud, namun permusuhan kami memperumit perseteruanku dengan Anna. Anna dan Freud tidak mengakui adanya kemungkinan untuk menganalisis anak-anak. Perseteruanku dengan Anna tidak pernah mereda, dan masing-masing dari kami memutuskan dirinya lebih Freudian dari yang lainnya.
Akhirnya pada tahun 1946, British Society mendapatkan tiga mekanisme pengajaran, yaitu pengajaran tradisional dari Klein, pengajaran Anna Freud, dan Kelompok Tengah. Kelompok Tengah ini yakni pengajaran dengan pendekatan lebih bebas, yang tidak mendapatkan kedua metode pengajaran Anna dan Klein. Oleh lantaran itu, British Society tidak terpecah, walau dengan pencapaian janji yang tidak gampang.
Pengantar Teori Relasi Objek
Teori kekerabatan objek ialah kepingan dari teori Freud terkena teori insting, namun penyebabnya tidak sama dalam tiga hal. Klein disebut sebagai ibu dari teori kekerabatan objek, sedangkan Freud disebut sebagai ayah. Perbedaan tersebut akan dijelaskan pada tabel di bawah ini.
Teori Freud Teori Relasi Objek
- Menekankan dorongan biologis dalam korelasi interpersonal Menekankan pentingnya contoh konsisten dalam korelasi interpersonal
- Bersifat paternal yang menekankan pada kekuatan dan kendali ayah. Bersifat maternal yang menekankan keintiman dan pengasuhan ibu
- Memandang kesenangan seksual sebagai motif utama tingkah laku. Memandang kontak dan korelasi sebagai motif utama tingkah laris manusia.
Kehidupan Psikis pada Bayi
Dalam teorinya, Freud menekankan empat hingga enam tahun pertama dalam kehidupan insan untuk melaksanakan analisis. Sedangkan Klein menekankan empat hingga enam bulan pertama dalam kehidupan untuk melaksanakan analisis. Hal ini lantaran Klein yakin bahwa bayi tidak memulai hidup sebagai individu kosong. Bayi membawa predisposisi untuk mengurangi kecemasan yang dihasilkan oleh insting hidup dan mati.
Salah satu perkiraan yang ditetapkan Klein yakni ketika lahir, bayi sudah mempunyai fantasi kehidupan yang aktif. Fantasi ini ialah representasi psikis dari ketidaksadaran id. Bukan berarti bahwa bayi bisa membuktikan pemikirannya melalui kata-kata. Namun dalam ketidaksadarannya, semenjak lahir, bayi bisa membedakan baik dan buruk. Misalnya, jikalau perutnya penuh, maka bayi akan tenang, tidak menangis, dan sanggup pulas nyenyak. Hal ini dipersepsi bayi sebagai hal yang baik. Sebaliknya, jikalau perutnya kosong, maka bayi akan menangis, rewel, dan tidak sanggup pulas nyenyak. Hal ini dipersepsi bayi sebagai hal yang buruk. Konsep baik jelek ini sama dengan konsep baik jelek yang dikemukakan Sullivan. Sesuai perkembangan bayi, maka berkembang juga fantasi ketidaksadaran lainnya, yaitu Oedipus complex, atau impian meniadakan salah satu orangtua untuk melaksanakan korelasi seksual dengan orangtua satunya lagi.
Klein baiklah dengan Freud bahwa insan mempunyai dorongan bawaan atau insting, baik insting kehidupan maupun insting kematian. Dorongan-dorongan itu berupa objek. Objek tersebut yakni dorongan lapar untuk menerima payudara yang baik, dorongan melaksanakan korelasi seksual, dorongan mempunyai organ seksual, dan yang lainnya. Objek ini disebut objek eksternal. Dalam khayalan aktifnya, bayi mengintroyeksi atau mencapai struktur psikis pada objek eksternal, bukan spesialuntuk terbatas pada pemikiran saja, namun wujud nyata.
Posisi
Klein menyatakan bahwa bayi sudah mengalami konflik dasar antara insting hidup dan insting mati, menyerupai baik atau buruk, cinta atau benci, mencipta atau menghancurkan. Namun, sejalan dengan pertumbuhan ego yang mengalami integrasi, secara alami, bayi akan menentukan sesuatu yang sangat senang daripada yang tidak sangat bahagia.
Dalam menghadapi dikotomi baik dan jelek tersebut, bayi mengatur pengalaman mereka menurut posisi tertentu. Posisi di sini sanggup disejajarkan dengan tahapan perkembangan. Namun Klein menentukan memakai istilah posisi, lantaran ia berasumsi bahwa posisi sanggup mengalami kemajuan atau kemunduran. Sedangkan tahapan perkembangan tidak. Sehingga arti posisi bukanlah ialah periode perkembangan dalam rentang waktu tertentu pada fase kehidupan manusia. Posisi ditujukan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan normal, bukan abnormal, walaupun ia memakai istilah psikiatris atau patologis untuk memdiberi label pada nama posisi. Ada dua posisi yang dikemukakannya, yaitu posisi paranoid schizoid dan depresif.
Posisi paranoid-schizoid. Pada pertama kehidupannya, bayi melaksanakan kontak dengan payudara ibu, yang dipersepsi sebagai payudara baik dan buruk. Pengalaman kontak ini mempersembahkan pilihan antara keberhasilan atau kegagalan. Klein menyatakan bahwa bayi mempunyai impian menguasai payudara dan dorongan untuk menghancurkan payudara. Kedua impian berlawanan ini termanifestasi dalam dua hal. Di satu sisi, impian menghancurkan termanifestasikan dikala bayi menggigit, mengoyak, atau merobek payudara. Di sisi lain, impian menguasai termanifestasikan dalam tetap meyakini perasaannya bahwa ibu dan payudaranya yakni hal yang baik. Kondisi ambivalensi ini disebut posisi paranoid-schizoid. Klein menyampaikan bahwa bayi membuatkan posisi paranoid-schizoid ini pada usia tiga hingga empat bulan. Pada masa ini dimana bayi memilah objek-objek di dunia sebagai sesuatu yang baik dan buruk, hal ini akan menjadi prototipe ketika bayi menilai orang lain pada masa selanjutnya. Sehingga kondisi ambivalensi tersebut akan tetap ada pada dirinya. Posisi paranoid-schizoid ini setara dengan perkara konkret transferens dari seorang klien kepada terapisnya. Di satu sisi, klien merasa menyayangi analisnya, namun di sisi lain, klien sangat membencinya. Dalam kehidupan nyata, bahkan yang terjadi pada orang dewasa, terjadinya ambivalensi yakni sangat wajar. Ambivalensi itu masuk akal spesialuntuk jikalau terjadi secara sadar. Sedangkan ambivalensi yang terjadi dalam posisi ini yakni ambivalensi yang tidak disadari.
Posisi depresif. Pada usia lima atau enam bulan, bayi mulai sanggup melihat objek secara utuh, yaitu ada kebaikan dan keburukan sekaligus dalam diri seseorang. Oleh lantaran itu, pada dikala ini, bayi sanggup membuatkan citra yang realistis sebagai individu yang bebas dan juga sanggup melaksanakan kebaikan sekaligus keburukan dalam dirinya. Selain itu, ego nya sudah matang. Hal ini ditunjukkan pada dikala bayi mulai sanggup mendapatkan perasaan-perasaannya yang buruk, daripada memproyeksikannya.
Pada masa ini, bayi sudah mulai menyadari bahwa ibunya sanggup pergi jauh dan hilang selamanya, sehingga ia merasa takut kehilangan dan berusaha melindungi ibunya dari segala hal yang membahayakan ibunya tersebut. Namun, di sisi lain, bayi sadar bahwa ia tidak sanggup melindungi ibunya, sehingga hal ini menciptakannya merasa bersalah. Kondisi dimana bayi kehilangan objek yang dicintai, ditambah dengan perasaan bersalah lantaran tidak sanggup melindungi ibu, ini yang disebut dengan posisi depresif. Kondisi ini akan menjadi faktor yang menguntungkan bagi bayi dalam menjalin korelasi interpersonalnya di masa yang akan hadir.
Posisi depresif ini akan hilang, jikalau kelak bayi sanggup membuat khayalan untuk memperbaiki keadaan, dan meyakini bahwa ibu tidak akan hilang selamanya, melainkan akan kembali setiap kali ibu pergi. Hilangnya posisi depresif ini akan menghilangkan pandangan bayi bahwa ada ibu baik dan ada ibu buruk. Hal itu tidak berlaku lagi pada bayi. Ketika posisi itu sudah dilewati, bayi tidak spesialuntuk akan bisa mendapatkan kasih akung dari ibunya, tetapi juga sanggup memberikan kasih akung kepada ibunya.
Mekanisme Pertahanan Psikis
Klein menyatakan bahwa semenjak pertama, bayi sudah sanggup memakai beberapa mekanisme pertahanan psikis, untuk melindungi perasaan ambivalen, yang berasal dari kecemasan bahwa payudara yakni objek yang menakutkan, namun juga sebagai objek yang sangat bahagia. Untuk mengendalikan kecemasan ini, bayi memakai beberapa mekanisme pertahanan diri.
Empat mekanisme pertahanan diri itu yakni :
- Introyeksi ialah khayalan yang diperoleh bayi terkena persepsi dan pengalaman mereka dengan objek eksternal. Objek eksternal yang dimaksud yakni payudara ibu. Introyeksi dimulai ketika pertama kali bayi disusui, dimana puting ibu berusaha dimasukkan ke dalam lisan bayi. Bayi yang bisa melaksanakan introyeksi objek baik, akan menyambut puting ibu sebagai objek yang sanggup melindunginya, memdiberinya kehangatan, dan kasih akung. Bayi yang melaksanakan introyeksi objek jelek akan menolak puting ibu, lantaran menganggap itu berbahaya. Jika hal ini terjadi, maka payudara akan dianggap sebagai sesuatu yang membahayakan, mengancam, atau angker bayi.
- Proyeksi ialah khayalan atau dorongan yang dirasakan oleh bayi dan kemudian dipindahkan pada orang lain. Misalnya, anak pria mempunyai impian untuk mengebiri ayahnya. Namun lantaran hal ini dirasa tidak pantas, maka anak tersebut menyalahkan ayahnya dengan menyampaikan bahwa ayah ingin mengebiri dirinya sendiri. Atau, seorang anak wanita yang ingin menguasai ibunya, namun anak ini berkhayal bahwa ibu akan menyiksa dirinya.
- Pemisahan ialah perjuangan bayi dalam membuatkan citra yang terpisah antara dirinya yang baik dan dirinya yang buruk. Hal ini sanggup terjadi ketika bayi sudah bisa memisahkan impuls-impuls yang tidak sesuai. Pemisahan ini sanggup berakibat positif maupun negatif bagi anak ketika mereka remaja kelak. Jika pemisahan ini dilakukan dengan tidak ekstrem dan tidak kaku, maka dampaknya positif, yaitu memmenolong anak melihat sisi positif dan negatif dalam kepribadiannya sendiri, serta sanggup membedakan mana kepribadian yang ia sukai maupun yang tidak ia sukai. Sebaliknya, jikalau pemisahan dilakukan secara berlebihan dan tidak luwes, maka akan mengakibatkan represi patologis. Misalnya, jikalau anak yang mempunyai ego sangat kaku, tidak bisa memisahkan sisi baik dan jelek dalam dirinya, maka anak tidak akan pernah bisa mendapatkan dan mengakui sisi negatif atau sikap buruknya. Perilaku jelek akan ditekan, sehingga kelak akan menjadi sesuatu hal yang patologis.
- Identifikasi Proyektif, yaitu perjuangan memisahkan kepingan dari diri mereka yang tidak sanggup diterimanya. Hasil pemisahan ini kemudian diproyeksikan menjadi objek lain, dan diintroyeksikan ke dalam diri mereka dalam bentuk yang tidak sama. Misalnya, bayi ingin memukul payudara ibu, kemudian memproyeksikan bahwa payudara itu menciptakannya takut. Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa payudara itu sangat senang untuknya. Usaha ini membuat mereka bisa mempunyai kendali bahwa payudara itu objek yang menakutkan, namun juga sangat bahagia. Usaha ini mempunyai imbas yang kuat pada korelasi interpersonal bayi ketika ia remaja kelak. Misalnya, suami mempunyai kecenderungan untuk mendominasi orang lain. Ia tidak menyukai kecenderungan ini, sehingga ia proyeksikan ke istrinya. Ia berpikir bahwa istrinya yakni orang yang suka mendominasi orang lain. Selanjutnya, suami membuat istri mendominasi, dengan cara berperilaku submisif pada istri, semoga istri memberikan kecenderungan mendominasi.
Internalisasi
Internalisasi ialah perjuangan orang untuk melaksanakan introyeksi, yaitu memasukkan aspek eksternal, dan mengolah menjadi sesuatu yang bermakna psikologis. Teori Kleinian sebut tiga internalisasi yang penting, yaitu :
- Klein meyakini bahwa ego sudah matang pada tahap lebih pertama daripada yang diyakini Freud. Freud menduga ego sudah ada pada dikala bayi lahir, namun ia tidak menghubungkan fungsi psikis tersebut hingga usia tiga atau empat tahun. Freud meyakini, anak kecil didominasi id, sedangkan Klein mengabaikan id, dan mendasarkan teorinya pada ego semenjak pertama kelahiran.
Klein yakin bahwa walaupun ego belum berkembang dengan baik, namun bisa mencicipi kecemasan, bisa memakai mekanisme pertahanan, dan bisa membentuk objek kekerabatan pertama pada khayalan dan kenyataan. Ego mulai muncul ketika menyusu pada ibunya. Pada dikala ini ego mengetahui apakah ia mendapatkan kasih akung dan cinta atau tidak mendapatkannya. Gambaran ini menjadi titik utama pembentukkan ego selanjutnya. Payudara menjadi kekerabatan objek yang pertama bagi bayi, dan selanjutnya menjadi prototipe untuk perkembangan ego dan korelasi interpersonal di kemudian hari.
- Gambaran superego Klein tidak sama dari Freud. Konsep superego yang dikemukakan Freud terdiri dari dua subsistem, yaitu : (a) ego ideal yang menghasilkan perasaan inferior ; (b) yang menghasilkan perasaan bersalah.
Sedangkan konsep superego yang dikemukakan Klein yakni : (a) superego berkembang lebih pertama dibanding perkiraan Freud ; (b) pertumbuhan oedipus complex yang tidak mencukupi ; (3) pandangan Klein menyampaikan bahwa superego lebih keji dan kasar. Artinya, Klein menyatakan bahwa pada masa dewasa, superego akan menghasilkan perasaan inferior dan bersalah (sama dengan Freud). Namun, pada belum dewasa pertama, superego akan menghasilkan perasaan terancam.
- Oedipus complex. Konsep Klein terkena Oedipus complex yakni : (a) dimulai pada masa oral-anal, dan mencapai puncaknya pada tahap genital. Freud menyampaikan pada masa phalik atau genital ; (b) Klein yakin bahwa kepingan terpenting dari oedipus complex yakni bahwa ketakutan anak akan ancaman orangtua lantaran anak berkhayal bahwa anak melukai orangtuanya ; (c) Klein menekankan pentingnya anak menjaga perasaan positif terhadap kedua orangtua selama tahun oedipal ; (4) Klein yakin bahwa oedipus complex menyediakan kebutuhan yang sama terhadap anak pria dan perempuan, yaitu membangun sikap positif dengan objek yang sangat senang dan menghindari objek yang menakutkan.
Sekian artikel perihal Memahami Teori Relasi Objek Menurut Melanie Reizes Klein. Semoga bermanfaa.
Daftar Pustaka
- Alwisol (2009). Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi. Malang : UMM Press
- Feist, J & Gregory Feist (2010). Teori Kepribadian, Edisi 7, Buku 1. Jakarta : Salemba Humanika
- Schultz, D (1991). Psikologi Pertumbuhan, Model-model Kepribadian Sehat. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
- Suryabrata, S (2011). Psikologi Kepribadian. Jakarta : RajaGrafindo Persada
0 Response to "Memahami Teori Relasi Objek Berdasarkan Melanie Reizes Klein"
Posting Komentar