Modul Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah (Modul Diklat Calon Dan Penguatan Pengawas Sekolah)

 Modul Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah  MODUL PENGEMBANGAN PROFESI PENGAWAS SEKOLAH (MODUL DIKLAT CALON DAN PENGUATAN PENGAWAS SEKOLAH)
Apa saja yang dibahas dalam buku atau Modul Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah (Modul Diklat Calon Dan Penguatan Pengawas Sekolah) ? Pengembangan  profesi  pengawas  sekolah  terdiri  atas  Karya Tulis/Karya Ilmiah  (hasil  penelitian  di  bidang  pendidikan formal/pengawasan, gagasan/tinjauan  ilmiah/best  practice,  dan penerjemahan/saduran bidang pendidikan formal/pengawasan) dan Karya  Inovatif  (karya sains/teknologi tepat  guna,  karya  seni,  dan penyusunan  pedoman  standar/pedoman). Secara  khusus  modul pendidikan dan petes fungsional penerima diklat ini meliputi wacana penjelasan  perihal  berbagai  hal  terkait  Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Penjelasan isi modul dimaksud antara lain: (1) unsur-unsur  pengembangan  profesi  terkait  penulisan  Karya Tulis/Karya Ilmiah dan pembuatan Karya Inovatif; (2) konsep dan implementasi pendekatan  penelitian,  jenis  penelitian,  metode penelitian  dalam pendidikan  formal  dan  pengawasan;  (3) penyusunan  tawaran penelitian tindakan  sekolah;  (4) prinsip  dan mekanisme penerjemahan/penyaduran buku; (5) prinsip dan mekanisme pembuatan  karya  inovatif;  (6) penyusunan tawaran penelitian tindakan  sekolah. 

Selanjutnya  secara  khusus  terkait  Karya Tulis/Karya  Ilmiah,  modul  ini mempersembahkan  penekanan  pada Penelitian  Tindakan  Sekolah  (PTS)  maupun penulisan  best practice. Karena pengawas utama mempunyai kiprah membina guru dalam  melakukan  Penelitian Tindakan  Kelas  (PTK), maka pada modul ini juga disajikan wacana Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Apabila  pengawas sekolah  menghendaki  melaksanakan penelitian deskriptif  ataupun  penelitian eksperimen,  diharapkan  tetap  ada tindakan yang sanggup memecahkan kasus di sekolah binaannya.  

Modul  ini juga mengintegrasikankan  nilai-nilai  utama Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK),  yaitu:  religiusitas,  nasionalisme, kemandirian,  gotong royong,  dan  integritas,  yang  adalah kristalisasi dari 18 nilai aksara yang terintegrasi dalam kurikulum. Adapun  nilai-nilai  karakter  dimaksud meliputi beberapa aspek  nilai  aksara religiusitas yang mencerminkan  keimanan terhadap  Tuhan  Yang Maha  Esa  yang  diwujudkan  dalam  perilaku  untuk melaksanakan aliran agama dan kepercayaan yang dianut; menghargai perbedaan agama;  menjunjung  tinggi  sikap  toleran  terhadap  pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain; hidup rukun dan tenang dengan pemeluk agama  lain.  Nilai karakter  religius  meliputi beberapa aspek  3 (tiga) dimensi relasi, yaitu: hubungan individu dengan Tuhan, hubungan individu dengan  sesama,  dan  hubungan individu  dengan  alam  semesta (lingkungan).  Nilai  karakter  religiusitas  ini  ditunjukkan  dalam sikap menyayangi dan menjaga keutuhan ciptaan. Subnilai aksara religiusitas  antara  lain:  cinta  damai,  toleransi,  menghargai perbedaan  agama, teguh  pendirian, percaya diri,  kolaborasi lintas agama,  anti  perundungan  (antibullying)  dan  kekerasan, perteman dekatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, melindungi yang kecil dan tersisih. Nilai aksara nasionalisme adalah cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan  kesetiaan, kepedulian,  dan  penghargaan  yang  tinggi terhadap  bahasa, lingkungan  fisik,  sosial,  budaya,  ekonomi,  dan  politik bangsa; menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. Subnilai aksara nasionalisme, antara lain: menghargai/apresiasi  budaya  bangsa  sendiri,  menjaga  kekayaan budaya bangsa, rela berkorban, unggul dan berprestasi, cinta tanah air,  menjaga lingkungan,  taat  hukum,  disiplin,  menghormati keragaman  budaya,  suku dan  agama.  Nilai  aksara kemandirian adalah sikap dan sikap tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan  segala  tenaga,  pikiran, waktu  untuk merealisasikan  harapan,  mimpi  dan  cita-cita.  Subnilai  aksara kemandirian,  antara  lain:  etos  kerja  (kerja  keras),  tangguh,  tahan banting,  daya  juang,  profesional,  kreatif,  berani,  dan  menjadi pembelajar  sepanjang  hayat.  Nilai  karakter  gotong  royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kolaborasi dan pundak membahu menuntaskan dilema bersama; memperlihatkan rasa senang  berbicara,  bergaul, berteman dekat  dengan  orang  lain;  dan memdiberi  menolongan  pada  mereka  yang  miskin,  tersingkir,  dan membutuhkan pertolongan. Subnilai aksara bersama-sama antara lain:  menghargai,  kerja  sama,  inklusif,  komitmen  atas  keputusan bersama,  musyawarah  mufakat,  tolong  menolong,  solidaritas, empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, sikap kerelawanan. Nilai karakter  integritas  ialah  nilai  yang  mendasari  perilaku  yang didasarkan  pada  upaya  menjadikan  dirinya  sebagai  orang  yang selalu  dapat  dipercaya  dalam  perkataan,  tindakan,  dan  pekerjaan, memiliki  komitmen  dan  kesetiaan  pada  nilai-nilai  kesetiaan  dan moral  (integritas  moral).  Nilai  karakter  integritas  meliputi  sikap tanggung  jawaban  sebagai  masyarakat  negara,  aktif  terlibat  dalam kehidupan sosial melalui konsistensi tindakan dan perkataan  yang berdasarkan  kebenaran.  Subnilai  karakter  integritas  antara  lain: kejujuran,  cinta  pada  kebenaran,  setia,  komitmen  moral,  anti korupsi,  keadilan,  tanggung  jawaban,  keteladanan,  menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas).

melaluiataubersamaini  berbekal  pemahaman  isi  modul  Pengembang Profesi Pengawas Sekolah yang terintegrasi dengan lima nilai utama PPK dibutuhkan sanggup memdiberi pemahaman dan melengkapi kompetensi pengembangan  profesi pengawas  sekolah  sehingga  lebih  bisa melaksanakan pengembangan  dalam  hal  menghasilkan  Karya Tulis/Karya  Ilmiah  maupun  Karya  Inovatif  serta  mempunyai kemampuan  dalam membimbing  kepala  sekolah  dan  guru  dalam melaksanakan penelitian tindakan.

Selengkapnya silahkan baca buku atau Modul Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah (Modul Diklat Calon Dan Penguatan Pengawas Sekolah).





Baca Juga !

Buku Modul Tugas Pokok dan Kode Etik Pengawas (Modul Diklat Calon dan Penguatan Pengawas Sekolah)

Modul Pengelolaan Supervisi Akademik (Modul Diklat Calon dan Penguatan PengawasSekolah)


Modul Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah (Modul Diklat Calon dan Penguatan Pengawas Sekolah)

Modul Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PPKPNS) bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan Lainnya (Modul Diklat Calon Dan Penguatan Pengawas Sekolah)

Demikian isu wacana buku atau Modul Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah (Modul Diklat Calon Dan Penguatan Pengawas Sekolah). Semoga bermanfaa, terima kasih. 




= Baca Juga =



0 Response to "Modul Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah (Modul Diklat Calon Dan Penguatan Pengawas Sekolah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel