Pengertian Dan Macam Jenis Gangguan Sikap Pada Anak

Pengertian dan Macam Jenis Gangguan Perilaku pada Anak - Deliquency atau gangguan tingkah laris ialah gangguan utama lain dalam kelompok gangguan eksternalisasi. Definisi gangguan tingkah laris dalam DSM IV-TR memseriuskan pada sikap yang melanggar hak-hak dasar orang lain dan norma-norma sosial utama. Hampir tiruana sikap semacam itu juga melanggar hokum. Tipe sikap yang dianggap sebagai simtom gangguan tingkah laris mencakup beberapa aspek aksi dan kekejian terhadap orang lain atau hewan, merusak kepemilikan, berbohong, dan mencuri.

Gangguan tingkah laku merujuk banyak sekali tindakan yang kasar dan sering dilakukan yang jauh melampaui kebadungan dan tipuan simpel yang umum dilakukan bawah umur dan remaja. Seringkali sikap tersebut ditandai dengan kesewenang-wenangan, kekejian, dan kurangnya penyesalan, membuat gangguan tingkah laris ialah salah satu kriteria historis dalam gangguan kepribadian antisosial pada orang dewasa.

Pengertian dan Macam Jenis Gangguan Perilaku pada Anak Pengertian dan Macam Jenis Gangguan Perilaku pada Anak
image source: szafirm.com
baca juga: Macam-Macam Gangguan Mental Pada Anak Usia Dini

Selain Gangguan Tingkah laku, dlm DSM juga terdapat Gangguan Sikap Menentang (GSM) yang didiagnosis apabila seorang anak tidak memenuhi kriteria gangguan tingkah laris –yang paling utama, agresivitas fisik yang ekstrem- namun menunjukkan banyak sekali sikap menyerupai kehilangan kendali emosinya, bertengkar dengan orang dewasa, berulangkali menolak mematuhi perintah orang dewasa, sengaja melaksanakan hal-hal yang mengganggu orang lain, mudah marah, kasar, mudah tersinggung dan mendendam. Dalam istilah sehari-hari, bawah umur ini secara sederhana disebut dengan ANAK NAKAL


Komorbid

Gangguan yang seringkali komorbid dengan GSM yaitu ADHD, gangguan berguru dan gangguan komunikasi, namun GSM tidak sama dengan ADHD dalam hal sikap nakal yang dianggap tidak ditimbulkan oleh kurangnya serius dan impulsivitas yang besar → Anak-anak dengan GSM melaksanakan kegaduhan lebih dengan kesengajaan dibanding bawah umur dengan ADHD

Penyalahgunaan zat juga umum terjadi bersamaan dengan Gangguan Tingkah Laku

Kecemasan dan depresi secara umum dipandang sebagai problem internalisasi umum di kalangan bawah umur dengan gangguan tingkah laku

Kriteria Gangguan Tingkah Laku dalam DSM IV-TR:

• Pola sikap yg berulang dan tetap yg melanggar hak-hak dasar orang lain atau norma-norma sosial konvensional yang terwujud dalam bentuk tiga atau lebih sikap dibawah ini (dalam 1 tahun terakhir dan minimal satu diantaranya 6 bulan terakhir):

  1. Agresi terhadap orang lain dan binatang → mengintimidasi, memulai perkelahian fisik, melaksanakan kekejaman fisik kepada orang lain atau hewan, memaksa seseorang melaksanakan acara seksual
  2. Menghancurkan kepemilikan (properti) → membakar, vandalisme
  3. Berbohong atau mencuri → masuk dengan paksa kerumah atau kendaraan beroda empat milik orla, menipu, mengutil
  4. Pelanggaran hukum yang fokus → tidak pulang kerumah sampai larut malam alasannya yaitu sengaja melanggar peraturan orang tua, sering membolos sekolah sebelum berusia 13 tahun


• Disabilitas signifikan dalam fungsi sosial, akademik atau pekerjaan

• Jika orang yang bersangkutan berusia lebih dari 18 tahun, kriteria yang ada tidak memenuhi gangguan kepribadian antisosial

Prognosis

Meskipun sebagian besar orang cukup umur yang antisosial juga sangat antisosial semasa anak-anak, namun bawah umur yang mengalami gangguan tingkah laris tindak lantas menjadi orang cukup umur yang antisosial

Mofflitt membedakan dua perjalanan problem tingkah laris yang tidak sama yaitu:

  1. Beberapa individu sepertinya menunjukkan teladan sikap antisosial yang “tetap sepanjang hidup” dengan problem tingkah laris yang bermula di usia 3th dan berlanjut menjadi kesalahan sikap ketika dewasa
  2. “Terbatas di usia remaja” dimana orang-orang tersebut mengalami masa kanak-kanak yang normal, terlibat dalam sikap antisosial dengan tingkat yang tinggi selama remaja dan kembali dengan gaya hidup yang tidak bermasalah ketika dewasa


Etiologi

Faktor-faktor biologis → tidak terlalu memainkan peranan sebesar faktor lingkungan meski beberapa penelitian menemukan bahwa karakteristik temperamen yang diberinteraksi dengan banyak sekali problem biologis menyerupai kelemahan neuropsikologis kuat terhadap kemunculan gangguan tingkah laku. Kelemahan neuropsikologis mencakup keterampilan lisan yang rendah, problem dalam fungsi-fungsi kognitif (problem solving, memori)

Faktor-faktor psikologis → Perilaku bernafsu melalui modelling. Karakteristik teladan asuh dengan disiplin keras dan tidak konsisten dan kurangnya pengawasan secara konsisten dihubungkan dengan sikap antisosial pada anak-anak.

Pengaruh dari Teman-kawan seusia :

  • Penerimaan atau penolakan dari kawan-kawan seusia;
  • Afiliasi dengan kawan-kawan seusia yang berperilaku menyimpang


Faktor-faktor Sosiologis → Kelas sosial dan kehidupan kota besar bekerjasama dengan kejadian kebadungan. Tingkat pengangguran tinggi, akomodasi pendidikan yang rendah, kehidupan keluarga yang terganggu, dan subkultur yang menganggap sikap kriminal sebagai suatu hal yang sanggup diterima terungkap sebagai factor-faktor yang berkontribusi

Intervensi

Intervensi Keluarga → dengan mempersembahkan PMP (Petes Manajemen Pola Asuh), dimana orang renta diajari untuk merubah banyak sekali respon terhadap bawah umur mereka sehingga sikap prososial dihargai secara konsisten

Penanganan Multisistemik → PMS dari Henggeler menunjukkan keberhasilan dalam mengurangi kriminalitas. PMS mencakup pemdiberian banyak sekali layanan terapi intensif dan komprehensif di dalam komunitas dengan menargetkan para remaja, keluarga, sekolah dan dalam beberapa kasus juga kelompok sebaya

Pendekatan Kognitif → Mengajarkan keterampilan kognitif kepada bawah umur untuk mengendalikan kemarahan mereka. Selain itu juga mengajarkan keterampilan budi sehat moral kepada remaja yang mengalami gangguan sikap di sekolah

Sekian artikel perihal Pengertian dan Macam Jenis Gangguan Perilaku pada Anak. Semoga bermanfaa.

Daftar Pustaka
  • Davidson, G.C., Neale, J.M., & Kring, A.M. 2006.Psikologi Abnormal: Edisi ke-9. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

0 Response to "Pengertian Dan Macam Jenis Gangguan Sikap Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel