Proses Sosial Dan Perkembangan Sosiologi Berdasarkan Para Ahli
Salah satu upaya dalam memahami kehidupan individu dan social ialah dengan memahami proses-proses social. Terutama proses social dasar yang sangat mensugesti perkembangan Masyarakat. Selanjutnya dilihat perkembangan sosiologi. Melalui artikel ini dibutuhkan bisa memahami proses sosial dan memahami key studies dalam pembelajaran sosiologi : masyarakat, individu, peran, status. Dan sebut minimal enam orang pemikir sosiologi dan kontribusinya terhadap sosiologi.
PROSES-PROSES SOSIAL
Pengertian Proses Sosial
Proses sosial diartikan sebagai dampak timbal balik antara aneka macam segi kehidupan bersama, antara aneka macam segi kehidupan orang perorang atau kelompok secara bersama. Proses sosial perlu dipelajari dan dipahami dalam menelaah masyarakat semoga bisa memperoleh pengertian dari pergerakan yang ada di dalam masyarakat (dinamikanya). Munculnya perhatian terhadap proses sosial ini di pertamai dari masyarakat yang mempunyai dua sisi. Sisi pertama yakni statis (tetap), yang cenderung sama dan tidak berubah ibarat struktur masyarakat dan segi kedua yakni dinamis (bergerak) yang bisa diamati dari fungsi masyarakat. melaluiataubersamaini demikian proses sosial sanggup didefinisikan sebagai cara-cara berafiliasi yang sanggup dilihat apabila para individu dan kelompok saling bertemu dan memilih sistem serta bentuk korelasi tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang mengakibatkan goyahnya cara-cara hidup yang sudah ada. Atau dengan kata lain, proses sosial diartikan sebagai dampak timbal balik antara perbagai segi kehidupan bersama (Soekanto, 2012).
Proses Sosial dan Perkembangan Sosiologi Menurut Para Ahli - Studi sosiologi terhadap sisi statis masyarakat dilakukan dengan cara memahami struktur social ibarat Kelompok sosial, institusi sosial, kebudayaan, stratifikasi sosial dan kekuasaan. Dalam sisi yang dinamis masyarakat sanggup dilakukan melalui pemahaman terhadap proses-proses social yang terjadi dalam masyarakat.
Proses-Proses Sosial Mendasar
Memahami masyarakat tanpa memahami proses sosial tidak akan menghasilkan pengkajian yang lengkap terhadap masyarakat. Perlu sekali dibahas bagaimana bentuk-bentuk proses social, sehingga citra dan pemahaman ihwal masyarakat akan semakin lengkap. Disini kita spesialuntuk mengulas sedikit dari proses-proses sosial mendasar.
Menurut Karl Mannheim dalam bukunya Systematic Sosiology, sebut ada beberapa bentuk proses sosial fundamental yang sangat penting untuk dipahami yaitu, Kontak Sosial dan Jarak Sosial, Isolasi, kompetisi, kerjasama dan akomodasi. Masing-masing proses sosial tersebut akan kita bahas secara singkat dalam artikel ini.
PROSES-PROSES SOSIAL
Pengertian Proses Sosial
Proses sosial diartikan sebagai dampak timbal balik antara aneka macam segi kehidupan bersama, antara aneka macam segi kehidupan orang perorang atau kelompok secara bersama. Proses sosial perlu dipelajari dan dipahami dalam menelaah masyarakat semoga bisa memperoleh pengertian dari pergerakan yang ada di dalam masyarakat (dinamikanya). Munculnya perhatian terhadap proses sosial ini di pertamai dari masyarakat yang mempunyai dua sisi. Sisi pertama yakni statis (tetap), yang cenderung sama dan tidak berubah ibarat struktur masyarakat dan segi kedua yakni dinamis (bergerak) yang bisa diamati dari fungsi masyarakat. melaluiataubersamaini demikian proses sosial sanggup didefinisikan sebagai cara-cara berafiliasi yang sanggup dilihat apabila para individu dan kelompok saling bertemu dan memilih sistem serta bentuk korelasi tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang mengakibatkan goyahnya cara-cara hidup yang sudah ada. Atau dengan kata lain, proses sosial diartikan sebagai dampak timbal balik antara perbagai segi kehidupan bersama (Soekanto, 2012).
Proses Sosial dan Perkembangan Sosiologi Menurut Para Ahli - Studi sosiologi terhadap sisi statis masyarakat dilakukan dengan cara memahami struktur social ibarat Kelompok sosial, institusi sosial, kebudayaan, stratifikasi sosial dan kekuasaan. Dalam sisi yang dinamis masyarakat sanggup dilakukan melalui pemahaman terhadap proses-proses social yang terjadi dalam masyarakat.
image source: eduhuh.com |
Proses-Proses Sosial Mendasar
Memahami masyarakat tanpa memahami proses sosial tidak akan menghasilkan pengkajian yang lengkap terhadap masyarakat. Perlu sekali dibahas bagaimana bentuk-bentuk proses social, sehingga citra dan pemahaman ihwal masyarakat akan semakin lengkap. Disini kita spesialuntuk mengulas sedikit dari proses-proses sosial mendasar.
Menurut Karl Mannheim dalam bukunya Systematic Sosiology, sebut ada beberapa bentuk proses sosial fundamental yang sangat penting untuk dipahami yaitu, Kontak Sosial dan Jarak Sosial, Isolasi, kompetisi, kerjasama dan akomodasi. Masing-masing proses sosial tersebut akan kita bahas secara singkat dalam artikel ini.
A. Kontak Sosial dan Jarak Sosial
Kontak berasal dari bahasa latin con atau cum yang artinya bahu-membahu dan tango yang artinya menyentuh. Secara harfiah artinya bahu-membahu menyentuh. Secara fisik kontak gres terjadi kalau terjadi korelasi badaniah, tetapi sebagai tanda-tanda social tidak perlu adanya korelasi badaniah, lantaran orang sanggup burhubungan dengan orang lain tanpa menyentuh ibarat berbicara atau kontak melalui teknologi komunikasi dan informasi (Soerjono Soekanto, 2013).
Kita perlu membedakan dua jenis kontak social, yaitu kontak social primer dan kontak social sekunder. Kontak primer yaitu kontak yang kembangkan secara intim dan mendalam berupa pergaulan tatap muka dimana korelasi visual dan perasaan-perasaan yang berafiliasi dengan indera pendengaran senantiasa digunakan. Sedang Kontak social sekunder ialah kontak yang ditandai oleh dampak keadaan luar dan jarak yang lebih besar. Kedua kontak social tersebut akan mensugesti mental dan kepribadian individu. Mannheim mencontohkan kepribadian yang tidak sama antara ibu rumah tangga dengan wanita yang menjadi eksekutif perusahaan maupun wanita politisi. Bagi Ibu rumah tangga kontak social lebih mayoritas dengan anggota keluarganya saja, sementara wanita eksekutif perusahaan maupun politisi, pergaulannya lebih luas tentu mensugesti mental dan kepribadiannya (Mannheim, 1987).
Setiap kontak social secara tidak pribadi menyatakan jarak social. Jarak social bisa diartikan jarak eksternal atau jarak ruang dan jarak internal atau jarak mental. Pengambilan jarak pada waktu bersamaan ialah salah satu sikap yang penting untuk mempertahankan dan melanjutkan otoritas peradaban manusia, Misalnya demokrasi mengurangi jarak social, begitu pula dengan prestise para komandan biasanya tergantung jarak social dengan bawahannya.
Karena itu, jarak sosial secara harfiah berarti mengubah sesuatu menjadi terpencil atau terpisah, memindahkan suatu obyek yang bersahabat kepada suatu posisi yang jauh dari titik tiruanla. Istilah jarak sering kita pahami sebagai bentuk ruang, berapa jarak sesuatu terhadap yang lain. Namun jarak juga bisa terkait dengan mental. Sebagai contoh, orang tersebut berjarak 5 meter dari aku, maka ini terkait ruang, tetapi kalau disampaikan seseorang mempunyai jarak social dengan aku, maka ini berarti bahwa saya mempunyai status social lebih tinggi dari beliau atau saya mempunyai status social lebih rendah dari dia.
B. Isolasi
Isolasi ialah situasi marjinal kehidupan social, situasi ini meniadakan kontak social. Bentuk isolasi yang paling sederhana ialah diciptakan oleh rintangan alam ibarat pepegununganan, sungai, lautan, hutan dan padang pasir. Isolasi mengakibatkan individu maupun kelompok mengalami perlambatan perkembangan. Misalkan sebuah desa yang yang terisolasi oleh pepegununganan, mereka mengalami perbedaan-perbedaan asli lantaran ketiadaan kontak dengan dunia luar. Begitu pula dengan individu yang mengasingkan diri dari pergaulan dengan orang lain atau orang yang dikucilkan akan mengalami perlambatan perkembangan dan mengalami individualisasi. Individu atau kelompok ini akan menjadi individu atau kelompok yang ‘asing’ atau ‘guah’
Menurut Mannheim, ada dua jenis isolasi yaitu isolasi ruang dan isolasi organic. Isolasi ruang ialah isolasi yang dipaksakan semoga tidak terjadi kontak dengan lingkungan social ibarat terjadi pada orang yang dikucilkan dari pergaulan komunitasnya atau beliau dipenjara. Sedangkan yang dimaksud isolasi organic ialah tanda-tanda keterasingan lantaran keganjilan individu baik itu keganjilan organic maupun keganjilan social. Kecacatan organic ibarat buta, tuli, dan keganjilan social ibarat perasaan aib berlebih-lebihan, inferior dan superior.
D. Kerjasama
Kompetisi ialah suatu kekuatan yang mendesak orang untuk bertindak berlawanan satu sama lain. Sedangkan kerjasama ialah suatu aktifitas yang menyatukan. Kesamaan pendapat, simpati, saling tolong-menolong ialah kekuatan mempersatukan yang sangat penting. Secara sederhana kolaborasi diartikan ketika sekelompok orang bergabung/bekerja bahu-membahu untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Kerjasama akan menghasilkan integrasi didalam kelompok/masyarakat. Kerja sama ialah bentuk interaksi yang tidak begitu menarikdanunik perhatian para sosilog. Kerja sama ini ada bentuknya impulsif (Spontguaous cooperation), pribadi (directed coeepration), kontrak (contractual cooperation) dan kerjasama tradisional (traditional cooperation), yang terbagi dalam lima bentuk kerjasama:
E. Akomodasi
Akmodasi ialah aspek interaksi sosial yang diikuti konflik. Akomodasi ialah terminology yang dipakai sosilog untuk membuktikan sebuah proses pembiasaan antara individu/kelompok yang berperihalan. Dalam fasilitas kolaborasi dan konflik hadir disaat yang bersamaan. Beberapa sosiolog ibarat Summer menamakan fasilitas sebagai kerjasama antagonis. Semakin berteman bersahabat sebuah lingkungan, semakin besar kemungkinan untuk bekerjasama, dan sebaliknya. Sebagai contoh, kehidupan Negro di masa perang sipil Amerika. Pada masa itu ada dua kelas budak yakni yang bekerja di lahan-lahan dan yang bekerja di rumah. Para budak yang bekerja di rumah-rumah mempunyai status sosial yang lebih tinggi disbanding budak-budak yang bekerja di luar rumah/lahan-lahan. Budak-budak di rumah tangga mempunyai status yang lebih tinggi lantaran terkait dengan fakta kedekatan mereka dengan majikan dan kemungkinan kecil dari mereka untuk pergi meninggalkan majikannya. Sehingga terbentuklah proses fasilitas ibarat kebebasan, sub-ordinasi, kompromi, toleransi, konversi dsb.
Hasil dari fasilitas dalam masyarakat yakni:
1) Integrasi masyarakat;
2) Menekan oposisi;
3) Koordinasi aneka macam kepribadian yang tidak sama;
4) Perubahan lembaga-lembaga kemasyarakatan semoga sesuai dengan keadaan baru;
5) Perubahan-perubahan dalam kedudukan;
6) Membuka jalan kea rah asimilas.
Key Studies
Ada beberapa kata kunci dalam sosiologi yang harus dipahami secara benar oleh orang mempelajari sosiologi. Dalam konteks itu, disini dijelaskan empat key Studies dalam sosiologi, yaitu; Masyarakat, Individu, Status dan Peranan.
a. Masyarakat
Banyak andal mencoba mendefinisi arti dari masyarakat. Menurut Talcott Parson, Masyarakat ialah suatu sistem sosial yang swasembada, melebihi masa hidup individu normal, dan merekrut anggota secara reproduksi biologis serta melaksanakan sosialisasi terhadap generasi diberikutnya.
Tokoh lain yaitu Marion Levy mengemukan empat kriteria yang perlu dipenuhi semoga suatu kelompok disebut masyarakat,.Dan Inkeles sebut sebuah kelompok disebut sebagai masyarakat apabila keempat kriteria itu ada dalam kelompok tersebut. Kriteria tersebut adalah;
b. Individu
Individu berdasarkan konsep Sosiologis berarti insan yang hidup bangun sendiri. Individu sebagai mahkluk ciptaan Tuhan di dalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang mencakup raga, rasa, rasio, dan lingkungan pergaulan hidup. Oleh lantaran itu, dalam studi sosiologi hewan dan benda-benda mati tidak menjadi obyek kajian sosiologi.
Kontak berasal dari bahasa latin con atau cum yang artinya bahu-membahu dan tango yang artinya menyentuh. Secara harfiah artinya bahu-membahu menyentuh. Secara fisik kontak gres terjadi kalau terjadi korelasi badaniah, tetapi sebagai tanda-tanda social tidak perlu adanya korelasi badaniah, lantaran orang sanggup burhubungan dengan orang lain tanpa menyentuh ibarat berbicara atau kontak melalui teknologi komunikasi dan informasi (Soerjono Soekanto, 2013).
Kita perlu membedakan dua jenis kontak social, yaitu kontak social primer dan kontak social sekunder. Kontak primer yaitu kontak yang kembangkan secara intim dan mendalam berupa pergaulan tatap muka dimana korelasi visual dan perasaan-perasaan yang berafiliasi dengan indera pendengaran senantiasa digunakan. Sedang Kontak social sekunder ialah kontak yang ditandai oleh dampak keadaan luar dan jarak yang lebih besar. Kedua kontak social tersebut akan mensugesti mental dan kepribadian individu. Mannheim mencontohkan kepribadian yang tidak sama antara ibu rumah tangga dengan wanita yang menjadi eksekutif perusahaan maupun wanita politisi. Bagi Ibu rumah tangga kontak social lebih mayoritas dengan anggota keluarganya saja, sementara wanita eksekutif perusahaan maupun politisi, pergaulannya lebih luas tentu mensugesti mental dan kepribadiannya (Mannheim, 1987).
Setiap kontak social secara tidak pribadi menyatakan jarak social. Jarak social bisa diartikan jarak eksternal atau jarak ruang dan jarak internal atau jarak mental. Pengambilan jarak pada waktu bersamaan ialah salah satu sikap yang penting untuk mempertahankan dan melanjutkan otoritas peradaban manusia, Misalnya demokrasi mengurangi jarak social, begitu pula dengan prestise para komandan biasanya tergantung jarak social dengan bawahannya.
Karena itu, jarak sosial secara harfiah berarti mengubah sesuatu menjadi terpencil atau terpisah, memindahkan suatu obyek yang bersahabat kepada suatu posisi yang jauh dari titik tiruanla. Istilah jarak sering kita pahami sebagai bentuk ruang, berapa jarak sesuatu terhadap yang lain. Namun jarak juga bisa terkait dengan mental. Sebagai contoh, orang tersebut berjarak 5 meter dari aku, maka ini terkait ruang, tetapi kalau disampaikan seseorang mempunyai jarak social dengan aku, maka ini berarti bahwa saya mempunyai status social lebih tinggi dari beliau atau saya mempunyai status social lebih rendah dari dia.
B. Isolasi
Isolasi ialah situasi marjinal kehidupan social, situasi ini meniadakan kontak social. Bentuk isolasi yang paling sederhana ialah diciptakan oleh rintangan alam ibarat pepegununganan, sungai, lautan, hutan dan padang pasir. Isolasi mengakibatkan individu maupun kelompok mengalami perlambatan perkembangan. Misalkan sebuah desa yang yang terisolasi oleh pepegununganan, mereka mengalami perbedaan-perbedaan asli lantaran ketiadaan kontak dengan dunia luar. Begitu pula dengan individu yang mengasingkan diri dari pergaulan dengan orang lain atau orang yang dikucilkan akan mengalami perlambatan perkembangan dan mengalami individualisasi. Individu atau kelompok ini akan menjadi individu atau kelompok yang ‘asing’ atau ‘guah’
Menurut Mannheim, ada dua jenis isolasi yaitu isolasi ruang dan isolasi organic. Isolasi ruang ialah isolasi yang dipaksakan semoga tidak terjadi kontak dengan lingkungan social ibarat terjadi pada orang yang dikucilkan dari pergaulan komunitasnya atau beliau dipenjara. Sedangkan yang dimaksud isolasi organic ialah tanda-tanda keterasingan lantaran keganjilan individu baik itu keganjilan organic maupun keganjilan social. Kecacatan organic ibarat buta, tuli, dan keganjilan social ibarat perasaan aib berlebih-lebihan, inferior dan superior.
C. Kompetisi
Pengertian kompetisi ialah upaya secara hening oleh beberapa individu atau kelompok untuk mendapatkan sesuatu yang sama. Kompetisi sanggup dibagi dalam dua belahan yaitu kompetisi perseorangan dan kompetisi antar kelompok. Walaupun kompetisi didorong oleh suatu tujuan tertentu, tetapi kompetisi dalam system social menjalankan fungsi seleksi, terutama dalam menetapkan seseorang pada suatu daerah dalam system social.
Setiap orang yang ikut dalam sebuah kompetisi akan mencoba mengikuti keadaan mereka dengan sebaik mungkin dengan kondisi khusus semoga menjadi yang terbaik. Karena itu, kompetisi sanggup berakibat kemajuan. Namun sisi lain kompetisi juga sanggup memunculkan perasaan inferior. Adakalanya perasaan inferior bersikap aktif, dimana individu atau kelompok bersangkutan akan mengikuti keadaan dengan keadaan tersebut. Tetapi adakalanya inferior itu melumpuhkan kekuatan individu, ia mendapatkan saja kondisi inferiornya begitu saja. Perasaan inferior aktif biasanya lahir dari kompetisi yang bebas. Sementara yang kedua muncul dalam kompetisi yang mengandung sikap diktatorial dari mereka yang mendominasi individu yang berada dalam posisi yang lemah. Secara sosiologis, kompetisi berdampak dan merusak solidaritas social. Kompetisi individu cenderung memecah solidaritas kelompok.
Persaingan ialah proses sosial dimana individu dan atau kelompok insan bersaing mencari laba melalui bidnag-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi sentra perhatian umum. Kompetisi terjadi ketika muncul ketidakseimbangan bagi suplai kebutuhan utama manusia. W.H Hamilton memberikan bahwa bentuk dasar kompetisi ialah ketika kebutuhan populasi/kelompok masyarakat tidak terpuaskan dan dunia tidak mempunyai persedian yang cukup untuk tiruana makhluk hidup.
Tipe-tipe persaingan:
1). Persaingan Ekonomi;
2). Persaingan Kebudayaan
3). Persaingan Kedudukan dan Peran
4). Persaingan Ras
Sepanjang kompetisi bekerja berdasarkan cara-cara yang konstruktif, maka ia akan memaksa individu untuk meningkatkan perjuangan perseorangannya dan mendorong untuk berprestasi seterbaiknya. Tetapi kemungkinan lain kompetisi berakibat berlawan dengan tujuan-tujuan. Karena itu kompetisi secara bebas harus selalu disertai oleh peraturan yang mengikat dan standar yang diterima secara umum. Disinilah fungsinya ‘fair play’. Menurut Cooley fair play ialah prinsip penting dalam kompetisi.
Pengertian kompetisi ialah upaya secara hening oleh beberapa individu atau kelompok untuk mendapatkan sesuatu yang sama. Kompetisi sanggup dibagi dalam dua belahan yaitu kompetisi perseorangan dan kompetisi antar kelompok. Walaupun kompetisi didorong oleh suatu tujuan tertentu, tetapi kompetisi dalam system social menjalankan fungsi seleksi, terutama dalam menetapkan seseorang pada suatu daerah dalam system social.
Setiap orang yang ikut dalam sebuah kompetisi akan mencoba mengikuti keadaan mereka dengan sebaik mungkin dengan kondisi khusus semoga menjadi yang terbaik. Karena itu, kompetisi sanggup berakibat kemajuan. Namun sisi lain kompetisi juga sanggup memunculkan perasaan inferior. Adakalanya perasaan inferior bersikap aktif, dimana individu atau kelompok bersangkutan akan mengikuti keadaan dengan keadaan tersebut. Tetapi adakalanya inferior itu melumpuhkan kekuatan individu, ia mendapatkan saja kondisi inferiornya begitu saja. Perasaan inferior aktif biasanya lahir dari kompetisi yang bebas. Sementara yang kedua muncul dalam kompetisi yang mengandung sikap diktatorial dari mereka yang mendominasi individu yang berada dalam posisi yang lemah. Secara sosiologis, kompetisi berdampak dan merusak solidaritas social. Kompetisi individu cenderung memecah solidaritas kelompok.
Persaingan ialah proses sosial dimana individu dan atau kelompok insan bersaing mencari laba melalui bidnag-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi sentra perhatian umum. Kompetisi terjadi ketika muncul ketidakseimbangan bagi suplai kebutuhan utama manusia. W.H Hamilton memberikan bahwa bentuk dasar kompetisi ialah ketika kebutuhan populasi/kelompok masyarakat tidak terpuaskan dan dunia tidak mempunyai persedian yang cukup untuk tiruana makhluk hidup.
Tipe-tipe persaingan:
1). Persaingan Ekonomi;
2). Persaingan Kebudayaan
3). Persaingan Kedudukan dan Peran
4). Persaingan Ras
Sepanjang kompetisi bekerja berdasarkan cara-cara yang konstruktif, maka ia akan memaksa individu untuk meningkatkan perjuangan perseorangannya dan mendorong untuk berprestasi seterbaiknya. Tetapi kemungkinan lain kompetisi berakibat berlawan dengan tujuan-tujuan. Karena itu kompetisi secara bebas harus selalu disertai oleh peraturan yang mengikat dan standar yang diterima secara umum. Disinilah fungsinya ‘fair play’. Menurut Cooley fair play ialah prinsip penting dalam kompetisi.
D. Kerjasama
Kompetisi ialah suatu kekuatan yang mendesak orang untuk bertindak berlawanan satu sama lain. Sedangkan kerjasama ialah suatu aktifitas yang menyatukan. Kesamaan pendapat, simpati, saling tolong-menolong ialah kekuatan mempersatukan yang sangat penting. Secara sederhana kolaborasi diartikan ketika sekelompok orang bergabung/bekerja bahu-membahu untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Kerjasama akan menghasilkan integrasi didalam kelompok/masyarakat. Kerja sama ialah bentuk interaksi yang tidak begitu menarikdanunik perhatian para sosilog. Kerja sama ini ada bentuknya impulsif (Spontguaous cooperation), pribadi (directed coeepration), kontrak (contractual cooperation) dan kerjasama tradisional (traditional cooperation), yang terbagi dalam lima bentuk kerjasama:
- Kerukunan yang mencakup beberapa aspek gotong-royong dan tolong menolong;
- Bargaining : pelaksanaan perjanjian terkena pertukaran barang-berang dan jasa-jasa antar dua organisasi atau lebih;
- Kooptasi : proses penerimaan unsur-unsur gres dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan;
- Koalisi : kombinasi antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan-tujuan yang sama. Koalisi sanggup menghasilkan keadaan yang tidak stabil untuk sementara waktu lantaran dua organisasi atau lebih tersebut kemungkinan mempunyai struktur yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Akan tetapi, lantaran maksud utama ialah untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama, maka sifatnya ialah kooperatif.
- Joint Venture : kerjasama dalam dalam pengusahaan proyek-proyek tertentu, contohnya pengeboran minyak, pertambangan kerikil bara, perfilman, perhotelan dll.
Akmodasi ialah aspek interaksi sosial yang diikuti konflik. Akomodasi ialah terminology yang dipakai sosilog untuk membuktikan sebuah proses pembiasaan antara individu/kelompok yang berperihalan. Dalam fasilitas kolaborasi dan konflik hadir disaat yang bersamaan. Beberapa sosiolog ibarat Summer menamakan fasilitas sebagai kerjasama antagonis. Semakin berteman bersahabat sebuah lingkungan, semakin besar kemungkinan untuk bekerjasama, dan sebaliknya. Sebagai contoh, kehidupan Negro di masa perang sipil Amerika. Pada masa itu ada dua kelas budak yakni yang bekerja di lahan-lahan dan yang bekerja di rumah. Para budak yang bekerja di rumah-rumah mempunyai status sosial yang lebih tinggi disbanding budak-budak yang bekerja di luar rumah/lahan-lahan. Budak-budak di rumah tangga mempunyai status yang lebih tinggi lantaran terkait dengan fakta kedekatan mereka dengan majikan dan kemungkinan kecil dari mereka untuk pergi meninggalkan majikannya. Sehingga terbentuklah proses fasilitas ibarat kebebasan, sub-ordinasi, kompromi, toleransi, konversi dsb.
Hasil dari fasilitas dalam masyarakat yakni:
1) Integrasi masyarakat;
2) Menekan oposisi;
3) Koordinasi aneka macam kepribadian yang tidak sama;
4) Perubahan lembaga-lembaga kemasyarakatan semoga sesuai dengan keadaan baru;
5) Perubahan-perubahan dalam kedudukan;
6) Membuka jalan kea rah asimilas.
Key Studies
Ada beberapa kata kunci dalam sosiologi yang harus dipahami secara benar oleh orang mempelajari sosiologi. Dalam konteks itu, disini dijelaskan empat key Studies dalam sosiologi, yaitu; Masyarakat, Individu, Status dan Peranan.
a. Masyarakat
Banyak andal mencoba mendefinisi arti dari masyarakat. Menurut Talcott Parson, Masyarakat ialah suatu sistem sosial yang swasembada, melebihi masa hidup individu normal, dan merekrut anggota secara reproduksi biologis serta melaksanakan sosialisasi terhadap generasi diberikutnya.
Tokoh lain yaitu Marion Levy mengemukan empat kriteria yang perlu dipenuhi semoga suatu kelompok disebut masyarakat,.Dan Inkeles sebut sebuah kelompok disebut sebagai masyarakat apabila keempat kriteria itu ada dalam kelompok tersebut. Kriteria tersebut adalah;
- Kemampuan bertahan melebihi masa hidup seorang individu
- Rekrutmen reluruh atau sebagian anggota melalui reproduksi
- Kesetiaan pada suatu system tindakan bersama
- Adanya system tindakan utama yang bersifat swasembada.
b. Individu
Individu berdasarkan konsep Sosiologis berarti insan yang hidup bangun sendiri. Individu sebagai mahkluk ciptaan Tuhan di dalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang mencakup raga, rasa, rasio, dan lingkungan pergaulan hidup. Oleh lantaran itu, dalam studi sosiologi hewan dan benda-benda mati tidak menjadi obyek kajian sosiologi.
c. Status (kedudukan)
Status atau kedudukan diartikan daerah atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial. Secara abstrak, kedudukan berarti daerah seseorang dalam suatu pola tertentu. melaluiataubersamaini begitu seseorang dikatakan mempunyai kedudukan lantaran seseorang biasanya ikut serta dalam beberapa pola kehidupan.
Apabila dipsahkan dipisahkan dengan individu, maka status berarti suatu kumpulan hak dan kewajian. Karena hak dan kewajiban sanggup terealisasi melalui individu, maka susah untuk memisahkan secara tegas.
Status diperoleh dengan dua hal:
- Ascribed Status yaitu Suatu status sesorang dalam masyarakat tanpa membedakan rohaniah dan kemampuan. Status ini dibawa semenjak lahir (Linton). Misalnya kedudukan anak bangsawan, maka ia juga bangsawan.
- Achieved status yaitu Suatu status yang diperoleh melalui kemampuan yang sudah terbukti dalam masyarakat. Status ini memerlukan kualitas tertentu yang harus diraih melalui persaingan dan perjuangan pribadi. Karena kemampuannya itu, maka ia memperoleh legalisasi dari masyarakat sehingga menjadi statusnya. Misalnya seseorang ingin menjadi hakim, maka ia harus memenuhi tiruana persyaratan terlebih lampau, barulah kemudian beliau boleh mempunyai status sebagai hakim.
Peranan (role)
Peranan ialah segi dinamis suatu status. Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka ia disebut menjalankan peranan. Pembedaan antara status dan peranan ialah untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Ia tidak bisa dipisah-pisahkan lantaran yang satu tergantung kepada yang lainnya, begitu sebaliknya.
PERKEMBANGAN SOSIOLOGI
Menurut George Ritzer sejarah sosiologi setelah perkembangan di Eropa Barat, berkembang di Amerika yang ditandai oleh liberalism terutama dampak Herbert Spencer dan Darwinisme Sosial Sumner dan ward. Karyanya tidak terlalu berpengaruh, tetapi sesudahnya karya dari Small, Park, Thomas, Cooley dan terutama Mead mulai meninggalkan kesan dan dampak dalam teori interaksionisme simbolik.
Sementara di Harvard yang memainkan tugas penting ialah aliran Chicago tokoh utamanya Pitirin Sorokin dan Talcoot Parson. Terutama Parson lah yang mengenalkan teori besar yang sangat kuat yaitu aliran structural fungsional yang mendominasi teori sosiologi selama beberapa dekade.
Perkembangan teori Marxian di tahun-tahun pertama kurun ke-20 berkembang atas kreatifitas aliran Frankfurt. Tetapi lebih berkembang lagi setelah C, Wright Mills menghidupkan tradisi radikal sehingga membuatkan teori konflik, pertamanya teori ini belum begitu popular sehingga muncul teori pertukaran dan dramaturgi Erving Goffman.
Perkembangan penting selanjutnya dalam sosiologi kehidupan sehari-hari selain interaksionisme simbolik ialah gencarnya studi ihwal fenomenologi, etnometodologi, strukturalisme dan post strukturalisme melalui karya Foucault.
Dan terakhir perkembangan sosiologi di kurun ke-21 ialah teori multikultural, teori postmodern dengan segala reaksinya. Muncul pula teori modernitas Antony Giddens dan teori Globalisasi.
Begitulah teori sosiologi, ia terus berkembang dan nampak secara terang bahwa sosiologi susah menuju perspektif tunggal yang akan mendominasi. Tetapi ia muncul dalam banyak perspektif untuk sanggup melihat dan membaca realitas sosial.
Berikut denah perkembangan Sosiologi berdasarkan George Ritzer;
Mengenal Beberapa tokoh Sosiologi
1. Auguste Comte (1789-1857)
Auguste Comte, seorang Prancis, ialah bapak sosiologi yang pertama-tama member nama pada ilmu tersebut (socius dan logos). Dia mempunyai anggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua belahan pokok, yaitu social statistic dan social dynamic. Sebagai social statistic, sosiologi ialah sebuah ilmu yang mempelajari korelasi timbale balik antara lembaga-lembaga kemasyarakatan. Sebagai social dynamic, meneropong bagaimana lembaga-lembaga itu berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa. Menurut Comte, masyarakat harus diteliti atas dasar fakta-fakta adil dan beliau juga menekankan pentingnya penelitian-penelitian perbandingan antara pelbagai masyarakat yang berlainan. Hasil karya Comte yang terutama ialah :
2. Herbert Spencer (1820-1903)
Dalam bukunya The Principles of Sociology ( 3 jilid, 1877), Spencer menguraikan materi sosiologi secara rinci dan sistematis. Dia menyampaikan bahwa objek sosiologi yang pokok ialah keluarga, politik,agama,pengendalian social dan industry. Dia juga menekankan bahwa sosiologi harus menyoroti korelasi timbale balik antara unsure-unsur masyarakat seprti dampak norma-norma atas kehidupan keluarga, korelasi antara forum polotik dan forum keagamaan.
3. Emile Durkheim (1858-1917)
Menurut Emile Durkheim, sosiologi mereview lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses social. Dalam majalah sosiologi, ia mengklasifikasikan santunan sosiologi atas tujuh seksi, yaitu:
Hasil karyanya yang terkemuka :
4. Max Weber (1864-1920)
Max Webber, seorang Jerman, berusaha mempersembahkan pengertian terkena sikap insan dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi social. Max juga populer dengan teori ideal typus, yaitu ialah suatu konstruksi dalam pikiran seorang peneliti yang sanggup dipakai sebagai alat untuk menganalisis gejala-gejala dalam masyarakat. Karya yang ditulisnya antara lain :
5. Charles Horton Cooley (1864-1929)
Seorang Amerika, Charles Horton Cooley, membuatkan konsepsi terkena korelasi timbale balik dan korelasi yang tidak terpisah antara individu dengan masyarakat. Coooley dalam mengemukakan teorinya terpengaruh aliran romantic yang mengidamkan kehidupan bersama, rukun, damai, sebagaimana dijumpai pada masyarakat-masyarakat yang masih bersahaja. Hasil-hasil karyanya :
6. Ferdinand Tonnies
Ferdinand Tonnies populer dengan teorinya terkena Gemeinschaft dan Gesellschaft sebagai dua bentuk yang menyertai perkembangan kelompok-kelompok social. Gemeinschaft (paguyuban) ialah bentuk kehidupan bersama dimana anggota-anggotanya diikat oleh korelasi batin yang murni dan bersifat ilmiah serta bersifat abadi. Gasellschaft (patembayan) ialah bentuk kehidupan bersama yang ialah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya dalam jangka waktu yang pendek. Hasil karyanya antara lain :
7. Lester Frank Ward (1841-1913)
Ward ialah salah satu pencetus sosiologi di Amerika. Tujuan utamanya ialah membentuk suatu system sosiologi yang akan menyempurnakan kesejahteraan umum manusia. Menurutnya sosiologi bertujuan menetili kemejuan-kemajuan manusia. Ia membedakan antara pure sociology (sosiologi murni) yang mereview asal dan perkembangan gejala-gejala social dan applied sociology (sosiologi terapan) yang khusus mempelajari perubahan-perubahan dinamis dalam masyaraka lantaran usaha-usaha manusia.
Hasil karyanya ialah :
8. Vilfredo Pareto (1848-1923)
Teori Pareto didasarkan pada observasi terhadap tindakan-tindakan, eksperimen terhadap fakta-fakta dan rumus-rumus matematis. Menurut dia, masyarakat ialah system kekuatan yang seimbang dan keseimbangan tersebut tergantung pada cirri-ciri tingkah laris dan tindakan-tindakan insan dan tindakan-tindakan insan tergantung dari keinginan-keinginan serta dorongan-dorongan dari dalam dirinya. Buku yang pernah ditulisnya antara lain Treatisme on General Sociology (3 jilid,1917), yang diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan judul The Mind and Society.
9. Georg Simmel (1858-1918)
Menurut Georg Simmel, sosiologi ialah ilmu pengetahuan khusus, yaitu satu-satunya ilmu pengetahuan analitis yang ajaib diantara tiruana ilmu pengetahuan kemasyarakatan. Masyarakat ialah suatu proses yang berjalan dan berkembang terus. Masyarakat ada dimana individu mengadakan interaksi dengan indiviu-individu lainnya. hasil katya-karyanya ialah :
10. William Graham Summer (1840-1910)
Sistem sosiologi Summer didasarkan pada konsep in-group dan out-group. Masyarakat ialah peleburan dari kelompok-kelompok social. Kebiasaan dan tata kelakuan ialah petunjuk-petunjuk bagaimana harus memperlakukan masyarakat-masyarakat sekelompok, maupun masyarakat-masyarakat dari kelompok lainnya. hasil karyanya contohnya :
11. Karl Mannheim (1893-1947)
Mannheim sudah banyak menyumbangkan pikirannya bagi perkembangan sosiologi. Antara lain di peloporinya satu cabang sosiologi, yang dinamakan sosiologi pengetahuan, yang khusus menelaah korelasi antara masyarakat dengan pengetahuan. Kemudian teorinya yang sangat populer ialah terkena krisis. Hasil-hasil karya dari Karl Mannheim yang populer antara lain :
Sekian artikel sosiologi perihal Proses Sosial dan Perkembangan Sosiologi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaa.
Daftar Pustaka
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi: Suatu Pengantar: Jakarta: Rajpertamai Pers
Sunarto, Kamanto, 2000, Pengantar Sosiologi, Jakarta, Lembaga Penerbit, Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia
Mannheim, Karl, 1985, Systematic Sociology Terjemahan, Jakarta, Bina Aksara.
Ritzer, George dan Goodman,J,Douglas, 2004, Modern Sociological Theory, terjemahan,
Jakarta, Prenada Media.
artikelmateri5.blogspot.com/search?q=Proses.Sosial.dan.Perkembangan.Sosiologi.Menurut.Para.Ahli.
[1] James D Thomspon dalam Soekanto, Soejorno, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajagrafindo Persada, hal.68
Status atau kedudukan diartikan daerah atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial. Secara abstrak, kedudukan berarti daerah seseorang dalam suatu pola tertentu. melaluiataubersamaini begitu seseorang dikatakan mempunyai kedudukan lantaran seseorang biasanya ikut serta dalam beberapa pola kehidupan.
Apabila dipsahkan dipisahkan dengan individu, maka status berarti suatu kumpulan hak dan kewajian. Karena hak dan kewajiban sanggup terealisasi melalui individu, maka susah untuk memisahkan secara tegas.
Status diperoleh dengan dua hal:
- Ascribed Status yaitu Suatu status sesorang dalam masyarakat tanpa membedakan rohaniah dan kemampuan. Status ini dibawa semenjak lahir (Linton). Misalnya kedudukan anak bangsawan, maka ia juga bangsawan.
- Achieved status yaitu Suatu status yang diperoleh melalui kemampuan yang sudah terbukti dalam masyarakat. Status ini memerlukan kualitas tertentu yang harus diraih melalui persaingan dan perjuangan pribadi. Karena kemampuannya itu, maka ia memperoleh legalisasi dari masyarakat sehingga menjadi statusnya. Misalnya seseorang ingin menjadi hakim, maka ia harus memenuhi tiruana persyaratan terlebih lampau, barulah kemudian beliau boleh mempunyai status sebagai hakim.
Peranan (role)
Peranan ialah segi dinamis suatu status. Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka ia disebut menjalankan peranan. Pembedaan antara status dan peranan ialah untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Ia tidak bisa dipisah-pisahkan lantaran yang satu tergantung kepada yang lainnya, begitu sebaliknya.
PERKEMBANGAN SOSIOLOGI
Menurut George Ritzer sejarah sosiologi setelah perkembangan di Eropa Barat, berkembang di Amerika yang ditandai oleh liberalism terutama dampak Herbert Spencer dan Darwinisme Sosial Sumner dan ward. Karyanya tidak terlalu berpengaruh, tetapi sesudahnya karya dari Small, Park, Thomas, Cooley dan terutama Mead mulai meninggalkan kesan dan dampak dalam teori interaksionisme simbolik.
Sementara di Harvard yang memainkan tugas penting ialah aliran Chicago tokoh utamanya Pitirin Sorokin dan Talcoot Parson. Terutama Parson lah yang mengenalkan teori besar yang sangat kuat yaitu aliran structural fungsional yang mendominasi teori sosiologi selama beberapa dekade.
Perkembangan teori Marxian di tahun-tahun pertama kurun ke-20 berkembang atas kreatifitas aliran Frankfurt. Tetapi lebih berkembang lagi setelah C, Wright Mills menghidupkan tradisi radikal sehingga membuatkan teori konflik, pertamanya teori ini belum begitu popular sehingga muncul teori pertukaran dan dramaturgi Erving Goffman.
Perkembangan penting selanjutnya dalam sosiologi kehidupan sehari-hari selain interaksionisme simbolik ialah gencarnya studi ihwal fenomenologi, etnometodologi, strukturalisme dan post strukturalisme melalui karya Foucault.
Dan terakhir perkembangan sosiologi di kurun ke-21 ialah teori multikultural, teori postmodern dengan segala reaksinya. Muncul pula teori modernitas Antony Giddens dan teori Globalisasi.
Begitulah teori sosiologi, ia terus berkembang dan nampak secara terang bahwa sosiologi susah menuju perspektif tunggal yang akan mendominasi. Tetapi ia muncul dalam banyak perspektif untuk sanggup melihat dan membaca realitas sosial.
Berikut denah perkembangan Sosiologi berdasarkan George Ritzer;
Spencer (1820-1903) Darwinisme Sosial Sumner (1840) Ward (1841) Marx (1818-1883) | Durkheim 1858-1917 Freud 1858-1939 Determinisme ekonomi Kautsky 1854-1938 Hasserl 1859-1938 Simmel 1858-1918 Mead 1863-1931 Cooley 1864-1929 | Weber 1864-1920 | Du Bois 1868-1963 Etnografi | Skinner 1904-1990 Perilaku social Parson 1902-1979 Interaksionisme simbolik Blumer 1900-1987 M khun 1911-1963 | Strukturalisme Homans 1910-1989 Struktural fungsional Rober K Merton 1910-2003 Sosiologi Radikal Mills 1916-1962 Marxisme Struktural Althusser 1918-1990 Marxisme ekonomi Swezzy 1910- Marxisme historis Wallerstein 1930- | Post Strukturalisme Foucault (1926-1984) Teori Pertukaran Blau 1918-2002 Neo Fungsionalisme Alexander 1947- Teori konflik Dahrendorf 1929- Feminisme Teori Sosiologi Habermas 1929- Fenomenologi Berger 1929- Etnometodologi Garfinkel 1929- Sosiologi eksistensialis Goffman 1922-1982 | Teori Pilihan Rasional Coleman 1926-1995 Teori Sistem Luhmann 1927-1998 Marxisme spasial Teori integrasi mikro makro dan distributor struktur | Teori social post modern Baudrillard 1929- Teori social post modern Teori konsumsi Multikulturalisme Teori Modernitas Antoni giddens 1938- Teori Globalisasi |
Mengenal Beberapa tokoh Sosiologi
1. Auguste Comte (1789-1857)
Auguste Comte, seorang Prancis, ialah bapak sosiologi yang pertama-tama member nama pada ilmu tersebut (socius dan logos). Dia mempunyai anggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua belahan pokok, yaitu social statistic dan social dynamic. Sebagai social statistic, sosiologi ialah sebuah ilmu yang mempelajari korelasi timbale balik antara lembaga-lembaga kemasyarakatan. Sebagai social dynamic, meneropong bagaimana lembaga-lembaga itu berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa. Menurut Comte, masyarakat harus diteliti atas dasar fakta-fakta adil dan beliau juga menekankan pentingnya penelitian-penelitian perbandingan antara pelbagai masyarakat yang berlainan. Hasil karya Comte yang terutama ialah :
- The Scientific Labors Necerssary for Reorganization of Society (1822);
- The Positive Philosophy (6 jilid 1830-1840);
- Subjective Synthesis (1820-1903).
2. Herbert Spencer (1820-1903)
Dalam bukunya The Principles of Sociology ( 3 jilid, 1877), Spencer menguraikan materi sosiologi secara rinci dan sistematis. Dia menyampaikan bahwa objek sosiologi yang pokok ialah keluarga, politik,agama,pengendalian social dan industry. Dia juga menekankan bahwa sosiologi harus menyoroti korelasi timbale balik antara unsure-unsur masyarakat seprti dampak norma-norma atas kehidupan keluarga, korelasi antara forum polotik dan forum keagamaan.
3. Emile Durkheim (1858-1917)
Menurut Emile Durkheim, sosiologi mereview lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses social. Dalam majalah sosiologi, ia mengklasifikasikan santunan sosiologi atas tujuh seksi, yaitu:
- Sosiologi umum yang mencakup beberapa aspek kepribadian individu dan kelompok manusia.
- Sosiologi agama
- Sosiologi aturan dan moral yang mencakup beberapa aspek organisasi politik, organisasi social, perkawinan dan keluarga.
- Sosiologi ihwal kejahatan
- Sosiologi ekonomi yang mencakup beberapa aspek ukuran-ukuran penelitian dan kelompok kerja
- Demografi yang mencakup beberapa aspek masyarakat pedesaan dan perkotaan
- Sosiologi estetika
Hasil karyanya yang terkemuka :
- The Social Division of Labor (1893)
- The Rules of Sociological Method (1895)
- The Elementary Forms of Religious (1912)
4. Max Weber (1864-1920)
Max Webber, seorang Jerman, berusaha mempersembahkan pengertian terkena sikap insan dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi social. Max juga populer dengan teori ideal typus, yaitu ialah suatu konstruksi dalam pikiran seorang peneliti yang sanggup dipakai sebagai alat untuk menganalisis gejala-gejala dalam masyarakat. Karya yang ditulisnya antara lain :
- The History of Trading Companies During the Moddle Ages (disertasi,1889)
- Economy and Society (1920)
- Collected Essays on Sociology of Region (3 jilid, 1921)
- Collected Essays on Sociology and Social Problems (1924)
- From Max Webber : Essays in Sociology (1946)
- The Theori of Social and Economic Organization (1947)
- Alex Webber on The Methodology of Social Sciences (1949)
5. Charles Horton Cooley (1864-1929)
Seorang Amerika, Charles Horton Cooley, membuatkan konsepsi terkena korelasi timbale balik dan korelasi yang tidak terpisah antara individu dengan masyarakat. Coooley dalam mengemukakan teorinya terpengaruh aliran romantic yang mengidamkan kehidupan bersama, rukun, damai, sebagaimana dijumpai pada masyarakat-masyarakat yang masih bersahaja. Hasil-hasil karyanya :
- Human Nature and Social Order (3 jilid,1902)
- Social Organization (1909)
- Social Process (1918)
6. Ferdinand Tonnies
Ferdinand Tonnies populer dengan teorinya terkena Gemeinschaft dan Gesellschaft sebagai dua bentuk yang menyertai perkembangan kelompok-kelompok social. Gemeinschaft (paguyuban) ialah bentuk kehidupan bersama dimana anggota-anggotanya diikat oleh korelasi batin yang murni dan bersifat ilmiah serta bersifat abadi. Gasellschaft (patembayan) ialah bentuk kehidupan bersama yang ialah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya dalam jangka waktu yang pendek. Hasil karyanya antara lain :
- Gemeinschaft und Gesellschaft (1887)
- Sociological Studies and Criticism (3 jilid, 1952)
- Introduction to Sociology (1937) dan lain-lain.
7. Lester Frank Ward (1841-1913)
Ward ialah salah satu pencetus sosiologi di Amerika. Tujuan utamanya ialah membentuk suatu system sosiologi yang akan menyempurnakan kesejahteraan umum manusia. Menurutnya sosiologi bertujuan menetili kemejuan-kemajuan manusia. Ia membedakan antara pure sociology (sosiologi murni) yang mereview asal dan perkembangan gejala-gejala social dan applied sociology (sosiologi terapan) yang khusus mempelajari perubahan-perubahan dinamis dalam masyaraka lantaran usaha-usaha manusia.
Hasil karyanya ialah :
- Dynamic Society (1883)
- Psychic Factors of Civilization (1893)
- Pure Sociology (1903)
8. Vilfredo Pareto (1848-1923)
Teori Pareto didasarkan pada observasi terhadap tindakan-tindakan, eksperimen terhadap fakta-fakta dan rumus-rumus matematis. Menurut dia, masyarakat ialah system kekuatan yang seimbang dan keseimbangan tersebut tergantung pada cirri-ciri tingkah laris dan tindakan-tindakan insan dan tindakan-tindakan insan tergantung dari keinginan-keinginan serta dorongan-dorongan dari dalam dirinya. Buku yang pernah ditulisnya antara lain Treatisme on General Sociology (3 jilid,1917), yang diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan judul The Mind and Society.
9. Georg Simmel (1858-1918)
Menurut Georg Simmel, sosiologi ialah ilmu pengetahuan khusus, yaitu satu-satunya ilmu pengetahuan analitis yang ajaib diantara tiruana ilmu pengetahuan kemasyarakatan. Masyarakat ialah suatu proses yang berjalan dan berkembang terus. Masyarakat ada dimana individu mengadakan interaksi dengan indiviu-individu lainnya. hasil katya-karyanya ialah :
- Concering Social Differentiation (1890)
- Sociology, Studies of the Forms of Socialization (1908)
- Basic Problems of Sociology (1917)
- Conflic of Modern Culture (1918)
10. William Graham Summer (1840-1910)
Sistem sosiologi Summer didasarkan pada konsep in-group dan out-group. Masyarakat ialah peleburan dari kelompok-kelompok social. Kebiasaan dan tata kelakuan ialah petunjuk-petunjuk bagaimana harus memperlakukan masyarakat-masyarakat sekelompok, maupun masyarakat-masyarakat dari kelompok lainnya. hasil karyanya contohnya :
- Collected Essays on Political and Science (1885)
- What Social Classes Owe to Folksway (1907)
- Selected Essays of WilliamGraham Summer (1924)
- The Science of Sociology (dengan A.C Keller, 1927)
- Essays of William Graham Summer (2 jilid, 1934)
11. Karl Mannheim (1893-1947)
Mannheim sudah banyak menyumbangkan pikirannya bagi perkembangan sosiologi. Antara lain di peloporinya satu cabang sosiologi, yang dinamakan sosiologi pengetahuan, yang khusus menelaah korelasi antara masyarakat dengan pengetahuan. Kemudian teorinya yang sangat populer ialah terkena krisis. Hasil-hasil karya dari Karl Mannheim yang populer antara lain :
- Ideology and Utopia (1929)
- Man and Society in an Age of Reconstruction (1940)
- Diagnosis of our Time (1943) (deviyuliakusuma.blogspot.com/2012/08/).
Sekian artikel sosiologi perihal Proses Sosial dan Perkembangan Sosiologi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaa.
Daftar Pustaka
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi: Suatu Pengantar: Jakarta: Rajpertamai Pers
Sunarto, Kamanto, 2000, Pengantar Sosiologi, Jakarta, Lembaga Penerbit, Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia
Mannheim, Karl, 1985, Systematic Sociology Terjemahan, Jakarta, Bina Aksara.
Ritzer, George dan Goodman,J,Douglas, 2004, Modern Sociological Theory, terjemahan,
Jakarta, Prenada Media.
artikelmateri5.blogspot.com/search?q=Proses.Sosial.dan.Perkembangan.Sosiologi.Menurut.Para.Ahli.
[1] James D Thomspon dalam Soekanto, Soejorno, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajagrafindo Persada, hal.68
0 Response to "Proses Sosial Dan Perkembangan Sosiologi Berdasarkan Para Ahli"
Posting Komentar