Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning

LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY / DISCOVERY LEARNING

Sebelum mengulas Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry  / Discovery Learning, diberikut ini klarifikasi tentang Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning. Dalam Permendikbud No.22 tahun 2016 dikatakan pembelajaran inquiry disebut bersama dengan discovery. Dalam Webster’s Collegiate Dictionary inquiry didefinisikan sebagai “bertanya perihal” atau “mencari informasi”. Discovery disebut sebagai “tindakan menemukan”. Jadi, pembelajaran ini mempunyai dua proses utama. Pertama, melibatkan Peserta didik dalam mengajukan atau merumuskan pertanyaan-pertanyaan (to inquire), dan kedua, Peserta didik menyingkap, menemukan (to discover) jawabanan atas pertanyaan mereka melalui serangkaian aktivitas penyelidikan dan kegiatan-kegiatan sejenis (Sutman, et.al., 2008).

Inquiry/discovery ialah proses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir secara sistematis. Pengetahuaan bukan sekedar sekumpulan fakta hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan atau mengkonstruksi. melaluiataubersamaini kata lain, pembelajaran ialah proses fasilitasi aktivitas penemuan (inquiry) supaya penerima didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penemuannya sendiri (discovery).

Tujuan pertama Inquiry/Discovery Learning yaitu supaya Peserta didik bisa merumuskan dan menjawaban pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana,bagaimana, mengapa, dsb. melaluiataubersamaini kata lain, Inquiry/Discovery Learning bertujuan untuk memmenolong Peserta didik berpikir secara analitis. Tujuan kedua yaitu untuk mendorong Peserta didik supaya semakin berani dan kreatif diberimajinasi. melaluiataubersamaini imajinasi Peserta didik dibimbing untuk mengkreasi sesuatu memakai pengetahuan yang diperolehnya. Penemuan ini sanggup berupa perbaikan atau penyempurnaan dari apa yang sudah ada, maupun membuat ide, gagasan, atau alat yang belum ada (Anam, 2015:9).

Baca Juga

Proses mengumpulkan data, mengamati, dan meringkas informasi, khususnya data numerik dalam Inquiry/Discovery Learning, efektif dalam merangsang diskusi untuk membuatkan keterampilan berpikir kritis yang diinginkan. Peserta didik perlu mengalami bagaimana menarikdanunik jawaban ilmiah menurut pengamatan atas faktafakta dan sekumpulan data yang diperoleh.

Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning ? Berikut ini klarifikasi singkat tentang Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Menurut Sutman, (2008:52), intinya sintaks Inquiry/Discovery Learning terdiri dari lima langkah, yakni
1. Merumuskan pertanyaan
Merumuskan pertanyaan, masalah, atau topik yang akan diselidiki.
2. Merencanakan
Merencanakan mekanisme atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data. Langkah
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
Kegiatan mengumpulkan informasi, fakta, maupun data, dilanjutkan dengan aktivitas menganalisisnya.
4. Menarik jawaban
Menarik simpulan-simpulan (jawabanan atau klarifikasi ringkas)
5. Aplikasi dan Tindak lanjut
Menerapkan hasil dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabannya.

Demikian info singkat Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Terima kasih, selamat diberinovasi semoga sukses.





= Baca Juga =



Related Posts

0 Response to "Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel