Kecakapan Era 21
Pendidikan Abad 21 ialah pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap TIK. Kecakapan tersebut sanggup dikembangkan melalui banyak sekali model pembelajaran berbasis acara yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan bahan pembelajaran. Kecakapan yang dibutuhkan di Abad 21 juga ialah keterampilan berpikir lebih tinggi (Higher Order Thinking Skills - HOTS) yang sangat dibutuhkan dalam mempersiapkan akseptor didik dalam menghadapi tantangan global.
Apa saja Kecakapan Abad 21. Pada bab ini akan dibahas masing – masing kecakapan tersebut sebagai diberikut.
1. Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill


Kecakapan Abad 21 (XXI) yang pertama akan dibahas yaitu Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Berpikir kritis bersifat mandiri, berdisiplin diri, dimonitor diri, memperbaiki proses berpikir sendiri. hal itu dipandang sebagai aset penting terstandar dan cara kerja dan cara berpikir dalam praktek Hal itu memerlukan komunikasi efektif dan pemecahan perkara dan juga kesepakatan untuk mengatasi perilaku egosentris dan sosiosentris bawaan (Paul and Elder, 2006:xviii).
Berpikir kritis berdasarkan Beyer (1985) adalah: Berpikir kritis yaitu kemampuan 1) menentukan dapat dipercaya suatu sumber, 2) membedakan antara yang relevan dan yang tidak relevan, 3) membedakan fakta dan penilaian, 4) mengidentifikasi dan mengevaluasi perkiraan yang tidak terucapkan, 5) mengidentifikasi bias yang ada, 6) mengidentifikasi sudut pandang, dan 7) mengevaluasi bukti yang ditawarkan untuk mendukung pengakuan.
Masih banyak para andal yang mempersembahkan pengertian atau definisi berpikir kritis ini, tetapi dalam bahasan ini akan disajikan hasil meramu sebagai diberikut.
a. Menggunakan banyak sekali tipe pemikiran/penalaran atau alasan, baik induktif maupun deduktif dengan sempurna dan sesual situasi.
b. Memahami interkoneksi antara satu konsep dengan konsep yang lain dalam suatu mata pelajaran, dan keterkaitan antar konsep antara suatu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.
c. Melakukan penilaian dan menentukan keputusan secara efektif dalam mengolah data dan memakai argumen.
d. Menguji hasil dan membangun koneksi antara info dan argumen.
e. Mengolah dan menginterpretasi info yang diperoleh melalui final pertama dan mengujinya lewat analisis terbaik.
f. Membuat solusi dan banyak sekali permasalahan non-rutin, baik dengan cara yang umum, maupun dengan caranya sendiri.
g. Menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menuntaskan permasalahan
h. Menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menuntaskan suatu masalah.
2. Kecakapan Berkomunikasi (Communication Skills)


Kecakapan Abad 21 (XXI) yang kedua yang akan dibahas adalah Kecakapan Berkomunikasi. Komunikasi ialah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, serta keterampilan dengan memakai simbol-simbol, kata-kata, gambar, gratis, angka, dsb.
Raymond Ross (1996) menyampaikan bahwa “Komunikasi yaitu proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa biar memmenolong pendengar membangkitkan respons/ makna dan pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator”.
Kecakapan komunikasi dalam proses pembelajaran antara lain sebagai diberikut.
a. Memahami, mengelola, dan membuat komunikasi yang efektif dalam banyak sekali bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia (ICT Literacy).
b. Menggunakan kemampuan untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada ketika berdiskusi, di dalam dan di luar kelas, maupun tertuang pada tulisan.
c. Menggunakan bahasa ekspresi yang sesuai konten dan konteks pembicaraan dengan lawan bicara atau yang diajak berkomunikasi.
d. Selain itu dalam komunikasi ekspresi dibutuhkan juga perilaku untuk sanggup mendengarkan. dan menghargai pendapat orang lain, selain pengetahuan terkait konten dan konteks pembicaraan.
e. Menggunakan alur pikir yang logis, terstruktur sesuai dengan kaidah yang berlaku.
f. Dalam Abad 21 komunikasi tidak terbatas spesialuntuk pada satu bahasa, tetapi kemungkinan multi-bahasa.
3. Kreatifitas dan Inovasi (Creativity and Innovation)


Kecakapan Abad 21 (XXI) yang ketiga yang akan dibahas yaitu Kreatifitas dan Inovasi. Creativity is “the achievement of something remarkable and new, something which transforms and changes a field of endeavor in a significant way... the kinds of things that people do that change the world.
Guilford (1976) mengemukakan kreatifitas yaitu cara-cara berpikir yang divergen. berpikir yang produktif, berdaya cipta berpikir heuristik dan berpikir lateral.
Beberapa kecakapan terkait kreatifltas yang sanggup dikembangkan dalam pembelajaran antara lain sebagai diberikut.
a. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan, melaksanakan, dan memberikan gagasan-gagasan gres secara ekspresi atau tulisan.
b. Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif gres dan tidak sama.
c. Mampu mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual dan praktikal.
d. Menggunakan konsep-konsep atau pengetahuannya dalam situasi gres dan tidak sama, balk dalam mata pelajaran terkait, antar mata pelajaran, maupun dalam perkara kontekstual.
e. Menggunakan kegagalan sebagal wahana pembelajaran.
f. Memiliki kemampuan dalam membuat kebaharuan berdasarkan pengetahuan pertama yang dimiliki,
g. Mampu mengikuti keadaan dalam situasi gres dan mempersembahkan bantuan konkret terhadap lingkungan.
4. Kolaborasi (Collaboration)


Kecakapan Abad 21 (XXI) yang keempat yang akan dibahas yaitu Kolaborasi. Kolaborasi dalam proses pembelajaran ialah suatu bentuk kerjasama dengan satu sama lain saling memmenolong dan melengkapi untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu biar diperoleh suatu tujuan yang sudah ditentukan.
Kecakapan terkait dengan kerja sama dalam pembelajaran, antara lain sebagai diberikut.
a. Memiliki kemampuan dalam kerjasama berkelompok
b. Beradaptasi dalam banyak sekali kiprah dan tanggungjawaban, bekerja secara produktif dengan yang lain.
c. Memiliki tenggang rasa dan menghormati perspektif tidak sama.
d. Mampu berkompromi dengan anggota yang lain dalam kelompok demi tercapainya tujuan yangbsudah diputuskan.
Demikian info wacana Kecakapan Abad 21, semoga bermanfaa.
Sumber: Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Direktorat Pembina SMA, Dirjendikdasmen, Kemdikbud.
0 Response to "Kecakapan Era 21"
Posting Komentar