Pengertian Administrasi Dan Konsep Administrasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Manajemen dan Konsep Manajemen Menurut Para Ahli - Kamus Webster menyatakan bahwa manajemen berasal dari katamanage (mguaggio, Italia) yang dalam engkaus bahasa Inggris-Indonesia kata manage berarti:mengurus, memimpin, mencapai, dan memerintah. Berdasarkan pengertian secara etimologis itu munculahkonsepmanajemenyang secara terminologis berdasarkan para andal disebut sebagaithe act or art of managing, conducting, directing, and controllingManajemen ialah suatu kegiatan atau seni dalam mengurus (memimpin, mencapai, dan memerintah), membimbing, mengarahkan dan mengendalikan (Appley dalam Zailani dan Antowijoyo, 1989:1).

Definisi terhadap istilah administrasi banyak didiberikan oleh beberapa andal manajemen. Dalam kenyataannya tidak ada definisi administrasi yang sanggup diterima secara universal. Beberapa definisi administrasi antara lain :

1. Mary Parker Follet
Mendifinisikan administrasi sebagai seni dalam menuntaskan pekerjaan melalui orang lain (Hani.Handoko, 8). Pengertian ini mengandung arti bahwa manajer dalam mencapai tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain yang tergabung dalam organisasi. Pengaturan orang lain yang dilakukan manajer satu dan manajer lain tentunya tidak sama, dan perbedaan pengaturan ini membutuhkan kemampuan dan ketrampilan tersendiri.yang ialah seni manajemen.

2. Harold Koontz dan Cyriil O’ donnel
Mendifinisikan administrasi ialah perjuangan mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. melaluiataubersamaini demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah kegiatan orang lain yang mencakup perencanaan, penggorganisasian, penggerakan dan pengendalian. (Amirullah, h 7)

3. R Terry
Manajemen ialah suatu proses yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan uituk memilih serta mencapai samasukan-samasukan yang sudah ditentukan melalui memanfaatkan sumber daya insan dan sumber daya lainnya.

4. Stonner, James AF
Manajemen ialah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Upaya anggauta organisasi dan memakai tiruana sumberdaya organisai untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan. ( Stonner, 1982, h 9). Proses ialah suatu cara yang sistematis untuk melaksanakan sesuatu. Manajemen sebagai suatu proses alasannya ialah tiruana manajer apapun keahliannya dan ketrampilannya selalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Kegiatan yang dimaksud ialah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan.

5. Paul Hersey
Manajemen didefinisikan sebagai proses kolaborasi dengan dan melalui orang-orang dan kelompok untuk mencapai tujuan. (Paul Hersey, 1994, h 3). Definisi ini sanggup diterapkan pada tiruana bentuk dan jenis organisasi apakah perusahaan, forum pendidikan, rumah sakit, organisai politik, dan sebagainya. Untuk sanggup berhasil organisasi mempunyai personalia pimpinan yang berkemampuan baik, sehingga hubungan antar langsung berjalan secara baik dan harmonis, setiap orang ialah manajer.

6. Luther Gulick
Mendifinisikan administrasi sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan/science yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana insan bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaa bagi kemanusiaan (dalam T Hani p 11)

Dari beberapa definisi tersebut di atas sanggup disimpulkan bahwa administrasi sanggup sebagai
  1. ilmu dan seni
  2. proses
  3. profesi
Pengertian Manajemen dan Konsep Manajemen Menurut Para Ahli Pengertian Manajemen dan Konsep Manajemen Menurut Para Ahli
image source: business2community.com
baca juga:
Manajemen sebagai ilmu dan seni

Manajemen sebagai ilmu alasannya ialah administrasi sudah dipelajarai usang dan sudah dikaji, diorganisasikan menjadi suatu rangkaian teori. Manajemen memerlukan disiplin-disiplin ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya untuk mencapai tujuan, misal disiplin ilmu ekonomi, akutansi, statistik dan lain-lain. Manajemen dalam upaya mencapai tujuannya berdasarkan kaidah ilmiah dan sistematis.

Manajemen sebagai ilmu. mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut :
  1. Prinsip dan konsep administrasi sanggup dipelajari
  2. Decion making sanggup didekati dengan kaidah-kaidah ilmiah
  3. Obyek dan masukana administrasi untuk mencapai tujuan sebagian ialah elemen yang bersifat materi
  4. Dalam penerapannya administrasi memerlukan pendekatan dari bidang ilmu lainnya.

Manajemen sebagai seni diartikan bahwa manajer dalam mencapai tujuan banyak dipengaruhi oleh ketrampilan-ketrampilan pribadi, talenta dan karakternya. Dan tiruana ini ialah seni tersendiri. Manajemen sebagai seni mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut :
  1. pencapain tujuan sangat dipengaruhi dan didukung oleh sifat-sifat dan talenta para menejer
  2. Dalam . proses pencapaian tujuan sering kali melibatkan unsur naluri, perasaan dan intelektua.l
  3. Dalam pelaksanaan kegiatan, faktor yang sanggup menghipnotis keberhasilannya ialah kekuatan langsung dan kreativitas.

Manajemen sebagai proses

Manajemen sebagai proses alasannya ialah dalam mencapai tujuan memakai serangkaian kegiatan yang tidak sanggup dipisahkan satu dengan yang lainnya. Serangkaian kegiatan tersebut dimulai dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengawasi atau mengendalikan. Manajemen sebagai proses lebih diarahkan pada proses mengelola dan mengatur pelaksanaan suatu pekerjaan, atau serangkain kegiatan dalam rangka mencapai tujuan. Proses manajenen dalam pencapaian tujuan ini juga memakai menolongan orang lain yang bekerja sama.

Manajemen sebagai profesi

Manajemen sebagai profesi penekannya pada kegiatan yang dilakukan sekelompok orang dengan memakai keahlian-keahlian tertentu. Keahlian-keahlian tersebut diperoleh alasannya ialah sudah memenuhi syarat atau standart tertentu dan diakui oleh masyarakat. melaluiataubersamaini keahlian tersebut seseorang sanggup memperoleh suatu status. Sekelompok orang yang bekerja dalam organisasi dengan memakai keahlian tertentu sanggup dikelompokan dalam organisasi profesional.

Ciri-ciri sesuatu sebagai profesi sebagai diberikut :
  1. Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum
  2. Para profesional mendapat status mereka alasannya ialah mencapai standar prestasi kerja tertentu, bukan alasannya ialah kesukaan, politik, agama. atau sosial
  3. Para profesionalisme harus ditentukan oleh suatu arahan etik yang besar lengan berkuasa dan disiplin bagi mereka yang menyandang profesi.

Sekian artikel perihal Pengertian Manajemen dan Konsep Manajemen Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaa.

Daftar Pustaka
  • Amirullah, haris Budiyono, 2004. Pengantar Manajemen; Graha Ilmu, Yogyakarta
  • Griffin, Alih bahasa Gina Gania MBA, 2002, Manajemn Jilid I; Erlangga, Jakarta 
  • John R Schermerhorn Jr, 1998, Manajemen, Jilid I dan II, Edisi Bahasa Indonesia, Andi, Yogyakarta 
  • Manullang, 1971, Dasar-Dasar Manajemen, CV Amanlaham, Medan
  • Robins and Coulter, 1996, management 5” ed Prentice Hall, Inc
  • T Hani Handoko. 1986, Manajemen, BPFE, Yogyakarta

0 Response to "Pengertian Administrasi Dan Konsep Administrasi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel