Pengertian Dan Rujukan Komunikasi Non Lisan Dan Verbal

Pengertian dan misal Komunikasi Non Verbal dan Verbal - Public Speaking merupakah suatu ketrampilan berkomunikasi yang harus dimiliki oleh setiap orang, khususnya yang bekarya pada profesi Public Relations. Diharapkan dengan adanya artikel ini sanggup  memahami dan bisa menerapkan ketrampilan public speaking dalam menjalankan profesinya.

1. Komunikasi NonVerbal

I. Pentingnya Komunikasi NonVerbal
Komunikasi nonverbal dipakai untuk mengekspresikan mengkomunikasikan pemikiran, perasaan dan emosi, untuk membuat dan mempertahankan hubungan  dan juga untuk memengaruhi orang lain.

II. Saluran-saluran Komunikasi
            Jenis susukan dasar komunikasi mencakup ekspresi wajah, tatapan mata, gerakan badan, bahasa tubuh, dan bentuk vokal, seperti, tinggi rendah suara, kecepatan berbicara dan intonasi.
  1. Wajah
Wajah ialah susukan komunikasi yang paling ekspresif, khususnya untuk mengekspresikan emosi. Ekspresi emosi terjadi secara umum melalui perubahan pada mulut, alis, pipi, kerutan mata, pelebaran pupil mata, dan sejumlah serta arah tatapan.
  1. Badan
Ekspresi tubuh terjadi melaui gerakan lengan dan tangan, posisi berdiri (bersandar), posisi dari lengan dan kaki, dan posisi tubuh. Studi orientasi dan posisi tubuh dalam hubungannya dengan orang lain atau lingkungan fisik disebut proksemiks.
  1. Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh yang memperjelas atau menggantikan pidato disebut ilustrator. Illustrator ini memmenolong mengkomunikasikan pesan dengan mempersembahkan klarifikasi visual-sebagai contoh, menunjuk sebuah objek.bahasa tubuh yang bisa menggantikan pidato dan mempunya makna verbal secara pribadi disebut emblems.
  1. Suara
Suara, juga disebut susukan paralinguistik, mengekspreikan perasaan dan emosi melalui tinggi rendahnya suara, intonasi, kecepatan, ritme, jarak, dan volume.

Walaupun saluran-saluran ini dijabarkan secara terpisah, informasi dari saluran-saluran ini sangat menyeluruh untuk membentuk dan membuat kesan yang tidak sama. Sebagai contoh, senyuman, tatapan langsung, tubuh yang condong ke depan, dan bunyi bunyi yang hangat, tiruananya akan membuat orang tertarik dan suka. Tetapi tatapan langsung, dan tubuh yang condong ke depan tanpa sebuah senyuman dan bunyi yang hangat, keduanyan akan memberikan dominasi dan intimidasi.

Pengertian dan misal Komunikasi Non Verbal dan Verbal Pengertian dan misal Komunikasi Non Verbal dan Verbal
tradeready.ca
baca juga:

III. Kemampuan Nonverbal

Kemampuan nonverbal ialah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kemampuan individu untuk memakai komunikasi nonverbal secara efektif dan akurat. Kemampuan nonverbal sering diasosiasikan dengan karakteristik yang terdapat pada orang-orang menyerupai gender, kepribadian dan budaya. Secara umum, kemampuan nonverbal terkonseptualisasi dengan dua istilah turunan lainnya, yaitu : kemampuan encoding dan kemampuan decoding.
  1. Kemampuan penyandi (Encoding)
            Kemampuan penyandi (disebut juga ekspresivitas atau legibilitas) mengacu pada kemampuan untuk mengkomunikasikan emosi, sikap dan pesan-pesan melalui tanda nonverbal sehingga pengamat sanggup mengintepretasikan makna dari pesan menyerupai yang diinginkan oleh encoder. Sebagai contoh, seseorang yang mempunyai nilai tinggi dalam ketrampilan  ini  akan dapat  memberikan emosi , menyerupai empati, secara tepat  spesialuntuk dari nonverbal. Juga, semakin terampil si penyandi dinilai menyerupai beliau berempati, dan dinilai spesialuntuk dari susukan nonverbalnya menyerupai wajah dan suara. Semakin tinggi ketrampilan penyandi, maka akan semakin popular dan lebih banyak didominasi daripada penyandi yang kurang ketrampilannya.
  1. Kemampuan menyandi (Decoding)
Kemampuan menyandi mengacu pada kemampuan individu untuk menginterpretasikan komunikasi nonverbal dari orang lain. Orang yang mempunyai kemampuan menyandi lebih akurat menilai sikap nonverbal. Mereka lebih berakal beradaptasi, demokratis secara interpersonal, lebih popular, dan dinilai oleh orang lain secara interpersonal lebih sensitif daripada orang yang ketrampilan menyandinya buruk. Kedua kemampuan penyandi dan menyandi sangat sangat tidak sama-beda setiap orang. Kemampuan penyandi dan menyandi sangat tidak berhubungan; contoh, seseorang bisa sangat elok pada satu hal tapi bukan lainnya. Secara umum, perempuan ialah penyandi yang sangat akurat dan sekaligus dalam menyandi komunikasi nonverbal daripada laki-laki.

  1. Faktor Nonkebahasaan sebagai Penunjang Keefektifan Berbicara
            Faktor-faktor yang termasuk faktor nonkebahasaan tersebut adalah: (1) sikap yang wajar, tenang, dan tidak kaku, (2) kontak mata atau pandangan harus diarahkan kepada lawan bicara, (3) kesediaan menghargai pendapat orang lain,  (4) gerak-gerik dan mimik yang tepat, (5) kenyaenteng suara, (6) kelancaran, (7) relevansi atau penalaran, dan (8) penguasaan topik.

  1. Sikap yang wajar, tenang, dan tidak kaku
            Kesan pertama dalam berbicara dengan orang lain itu sangat memilih keberhasilan dalam proses pembicaraan diberikutnya. Untuk itu, dalam berbicara seorang pembicara dituntut untuk sanggup bersikap yang wajar, tenang, dan tidak kaku.
Sikap dalam berbicara ini juga sangat bergantung pada situasi dan kondisi yang ada pada ketika seseorang melaksanakan pembicaraan atau memberikan pesan dalam pidato. melaluiataubersamaini sikap yang wajar, tenang, dan tidak kaku sanggup menambah kepercayaan pendengar kepada pembicara.
            Sikap wajar, tenang, dan tidak kaku akan timbul dalam praktik berbicara salah satunya disebabkan oleh penguasaan materi berbicara oleh pembicara. Kalau seorang pembicara tidak atau kurang siap dengan materi pembicaraan yang akan disampaikan maka akan timbul sikap-sikap yang kurang masuk akal dalam dirinya pada ketika berbicara. Selain penguasaan terhadap materi pembicaraan, faktor lain yang perlu diperhatikan yaitu kesiapan dan tes yang cukup.

  1. Kontak mata atau pandangan harus diarahkan kepada lawan bicara
            Agar pembicaraan yang dilakukan sanggup berhasil maka seorang pembicara harus selalu menjalin kontak pandang dengan audiensnya. melaluiataubersamaini kontak mata yang dilakukan, para pendengar akan merasa diperhatikan dan betul-betul diajak berkomunikasi.
            Pandangan mata atau kontak mata ini bagi pembicara pemula memang sangat menentukan. Apabila kontak mata yang dilakukan kurang berhasil atau pembicara kalah dalam kontak mata dengan pendengarnya, maka akan terjadi gangguan dalam proses bicara selanjutnya.
            Kontak mata dalam berbicara dimanfaatkan untuk  menjalin korelasi batin dengan lawan bicara atau audiens. Dalam berbicara, seorang pembicara dianjurkan untuk menatap orang yang diajak berbicara, sehingga terjadi kontak mata yang menyebabkan keakraban dan kehangatan dalam berbicara.
            Untuk itu, ketika memandang seseorang atau pendengar, kalau masih ragu dan khawatir, tidakboleh memandang pribadi matanya, tetapi pandanglah di atas matanya. Pandangan mata ini juga harus dilakukan secara menyeluruh, tidakboleh spesialuntuk pada penggalan pendengar tertentu saja. Akan lebih baik apabila sebelum berbicara khususnya di muka umum untuk menyapu pendengar dengan pandangan mata yang sejuk dan berteman dekat.

  1. Kesediaan menghargai pendapat orang lain
            Dalam berbicara, seorang pembicara harus terbuka dan mau mendapatkan pendapat orang lain. Apabila pendapat yang dikemukakan itu ada belum sempurnanya atau kesalahannya, maka sebagai pembicara harus mau mendapatkan pendapat dan koreksian dari pihak lain.
Tentu saja pendapat yang kita sampaikan tersebut harus disertai data dan argumentasi yang akurat dan sanggup dipercaya. Dalam mendapatkan pendapat orang lain, harus senantiasa dipertimbangkan dari aneka macam hal terlebih lampau, tidak tiruana masukan dan pendapat harus diterima secara mutlak.

  1. Gerak-gerik dan mimik yang tepat
            Gerak gerik dan mimik yang tepat dalam sebuah pembicaraan sanggup mendukung dan memperjelas isi pesan yang akan disampaikan. Akan tetapi gerak-gerik dan mimik ini akan menjadi gangguan dalam berbicara apabila dilakukan secara berlebihan.
Gerak-gerik dan mimik ini harus diadaptasi dengan pokok pembicaraan yang disampaikan. Mimik juga harus disesuai­kan dengan perasaan hati yang terkandung dalam isi pesan pembicaraan yang dilakukan.
            Gerak-gerik berkaitan dengan penerapan anggota tubuh untuk memperjelas pesan yang akan disampaikan. Gerak-gerik dalam berbicara atau berkomunikasi antara lain adalah: anggukan dan gelengan kepala, mengangkat tangan, mengangkat bahu, menuding, mengangkat ibu jari, menuding, sikap berdiri, daan sebagainya.
            Mimik yaitu ekspresi wajah yang berafiliasi dengan perasaan yang terkandung dalam hati. Agar pembicaraan sanggup sangat senang usahakan mimik yang menarikdanunik dan memikat, salah satunya dengan banyak tersenyum.

  1. Kenyaenteng suara
            Tingkat kenyaenteng bunyi ini tentunya juga diadaptasi dengan situasi, jumlah pendengar, tempat, dan akustik. Yang penting, ketika berbicara, pendengar sanggup mendapatkan bunyi pembicara dengan terang dan yummy didengar di telinga. Suara yang dipakai tidak terlalu keras atau terlalu pelan. Ketika berbicara dengan mikrofon, maka tidakboleh hingga mikrofon tersebut terlalu dekat dengan mulut, lantaran bunyi yang dihasilkannya akan kurang baik dan tidak nyaman didengarkan.



  1. Kelancaran
            Kelancaran dalam berbicara akan megampangkan pendengar dalam mendapatkan atau menagkap isi pembicaraan. Apabila pembicara menguasai materi pembicaraan, maka beliau akan sanggup berbicara dengan lancar tanpa adanya gangguan dalam proses pembicaraannya.
Gangguan atau ketidaklancaran dalam pembicaraan biasanya diakibatkan oleh ketidakmampuan pembicara dalam menguasai materi pembicaraan yang balasannya berakibat pada ketidakmampuan dalam menguasai pendengar.  Kalau orang tidak lancar dalam berbicara, maka yang akan dikeluarkan yaitu suara-suara ee, oo, aa, dan sebagainya. Suara-suara menyerupai ini akan sangat mengganggu proses berbicara dan mempersusah pendengar untuk menangkap pokok pembicaraan, apalagi kalau frekuensi kemunculannya cukup banyak.

  1. Relevansi/Penalaran
            Gagasan demi gagasan haruslah berafiliasi dengan logis. Proses berpikir untuk hingga pada suatu kesimpulan haruslah logis. Hal ini berarti korelasi bagian-bagian dalam kalimat, korelasi kalimat dengan kalimat harus logis dan berafiliasi dengan pokok pembicaraan. Kalau   dalam pembicaraan seorang pembicara sanggup memperhatikan relevansi atau daypikir dalam proses bicaranya maka akan diperoleh pembicaraan yang efektif.

  1. Penguasaan Topik atau Materi Pembicaraan
            Pembicaraan formal selalu menuntut persiapan. Tujuannyua supaya topik yang dipilih betul-betul dikuasai. Penguasaan topik pembica­raan ini sangat memilih keberha­silan seseorang dalam berbicara. Penguasaan topik yang tidak tepat akan sangat mempengaruhi kelancaran dalam berbicara, dan ketidaklan­caran berbicara akan sangat besar lengan berkuasa terhadap sikap dan mimik dalam berbicara.
Penguasaan topik yang baik akan menumbuhkan keberanian dan kelancaran dalam memberikan pembicaraan atau pesan. Jadi, penguasaan topik ini sangat penting, bahkan ialah faktor utama dalam berbicara, tanpa adanya penguasaan topik yang baik, maka akan terjadi aneka macam kendala dan kesusahan dalam proses pembicaraan di depan audiens.
            Apabila seorang pembicara sanggup menguasai topik pembicaraan dengan baik maka beliau sudah mempunyai modal untuk berbicara. melaluiataubersamaini penguasaan topik yang baik dan tes yang cukup serta persiapan mental yang memadai akan sanggup memilih keberhasilan sebuah praaktik berbicara.

2. Komunikasi Verbal

            Komunikasi verbal yaitu komunikasi yang memakai symbol-simbol verbal, baik secara lisan maupun tertulis. Symbol atau pesan verbal yaitu tiruana jenis symbol yang memakai satu kata atau lebih. Hampir tiruana rangsangan bicara yang kita sadari termasuk kedalam kategori pesan verbal disengaja, yaitu usaha-usaha yang dilakukan secara sadaruntuk berafiliasi dengan orang lain secara verbal.
            Komunikasi verbal ditandai dengan ciri-ciri sebagai diberikut:
  1. Disampaikan secara lisan/bicara atau tulisan.
  2. Proses komunikasi eksplisit dan cenderung dua arah.
  3. Kualitas proses komunikasi seringkali ditentukan oleh komunikasi nonverbal.
Faktor-faktor yang memengaruhi kelancaran komunikasi verbal:
  1. Faktor Intelegensi
Orang yang intelegensinya rendah, biasanya kurang lancar dalam berbicara, lantaran kurang mempunyai kekayaan perbendaharaan kata dan Bahasa yang baik. Teknik berbicaranya terputus-putus, bahkan antara kata yang satu dengan lainnya, tidak/kurang mempunyai relevansi. Sebaliknya dengan yang mempunyai intelegensi tinggi
            Masalah komunikasi akan muncul apabila orang yang diberintelegensi tinggi tidak bisa menyesuaikan diri dengan orang yang diberintelegensi rendah, contohnya dalam pemilihan penerapan kata-kata.
  1. Faktor Budaya
Setiap budaya mempunyai Bahasa yang tidak sama-beda. Apabila orang yang berkomunikasi tetap mempertahankan bahasa wilayahnya masing-masing, maka pembicaraan mereka tidak akan efektif. Akibatnya timbul kesalahpahaman atau komunikasi menjadi terhambat.
  1. Faktor Pengetahuan
Makin luas pengetahuan yang dimiliki seseorang makan akan semakin banyak perbendaharaan kata yang mendorong yang bersangkutan untuk berbicara lebih lancar. Apabila orang-orang yang tidak sama pengetahuan saling berkomunikasi tanpa mengindahkan perbedaan pengetahuan di antara mereka, maka tidak akan terjadi komunikasi yang mengenakkan bagi mereka.
  1. Faktor Kepribadian
Orang yang mempunyai sifat pemalu dan kolot bergaul, biasanya kurang lancar dalam berbicara. Hal ini disebabkan ia tidak terbiasa berkomunikasi dengan orang lain. Ia tidak mempunyai pengetahuan yang luas lantaran kurangnya pergaulan tersebut.
  1. Faktor Biologis
Kelumpuhan organ berbicara sanggup menyebabkan kelainan-kelainan, seperti:
  • Sulit menyampaikan kata desis (lipsing), lantaran ada kelainan pada rahang, bibir dan gigi.
  1. Berbicara tidak terang (sluring), yang disebabkan bibir (sumbing), rahang, pengecap tidak aktif.
  2. Faktor Pengalaman
Makin banyak pengalaman yang dimiliki seseorang, makin terbiasa ia menghadapi sesuatu. Orang yang sering menghadapi massa, berbicara di depan umum, akan lancar berbicara dalam keadaan apa pun dan dengan siapa pun.

Berbicara pada hakikatnya yaitu sebuah proses komunikasi secara lisan antara pembicara dan lawan bicara. Menurut Tarigan (1990:15) berbicara yaitu kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta memberikan pikiran, gagasan dan perasaan. Selanjutnya dijelaskan bahwa berbicara ialah suatu sistem gejala yang sanggup didengar (audible) dan yang kelihatan (visible) yang memanfaatkan sejumlah otot dan jaenteng tubuh insan demi maksud dan tujuan gagasan-gagasan atau ide-ide yang dikombinasi­kan. Berbicara juga ialah suatu bentuk sikap insan yang me­man­fa­atkan faktor-faktor fisik, psikologis, neurologis, semantik, dan linguis­tik sedemikian ekstensif, secara luas sehingga sanggup dianggap sebagai alat insan yang paling penting bagi kontrol social.
Dalam berbicara atau berkomunikasi dengan pihak lain, diharapkan adanya beberapa hal atau unsur.  Beberapa unsur dalam proses berbicara atau proses berkomunikasi  tersebut adalah:
  1. pembicara
  2. lawan bicara (penyimak)
  3. lambang (bahasa lisan)
  4. pesan, maksud, gagasan, atau ide

Brook (dalam Tarigan, 1990:12) menggambarkan proses komunikasi tersebut dalam tragedi bahasa sebagai diberikut:
Pengertian dan misal Komunikasi Non Verbal dan Verbal Pengertian dan misal Komunikasi Non Verbal dan Verbal
Gambar 1: Peristiwa Bahasa (Proses Komunikasi/Berbicara) (Brooks dalam Tarigan, 1990)

Menurut Tarigan (1990), tujuan utama dari berbicara yaitu untuk berkomunikasi. Agar sanggup memberikan pikiran secara efektif, maka seharusnya sang pembicara memahami makna segala sesuatu yang ingin dikomunikasikan, beliau juga harus bisa mengevaluasi imbas komunikasinya terhadap para pendengarnya, dan beliau juga harus mengetahui prinsip-prinsip yang mendasari segala situasi pembicaraan, baik secara umum maupun perseorangan. Pada dasarnya, berbicara itu mempunyai tiga maksud utama, yaitu:
  1. memdiberitahukan, melaporkan (to inform)
  2. menjamu, menghibur (to intertain)
  3. membujuk, mengajak, mendesak, meyakinkan (to persuade)
            Menurut Brooks (dalam Tarigan, 1990) ada beberapa prinsip umum dalam berbicara yang perlu menerima perhatian dari orang yang akan melaksanakan pembicaraan. Beberapa prinsip umum yang mendasari acara berbicara tersebut, antara lain adalah:
  1. Membutuhkan paling sedikit dua orang. Tentu saja pembicaraan sanggup pula dilakukan oleh satu orang, dan hal ini juga sering terjadi di masyarakat.
  2. Mempergunakan suatu sandi linguistik yang dipahami bersama. Meskipun dalam praktik berbicara dipergunakan dua bahasa, namun saling pengertian, pemahaman bersama itu juga sangat penting.
  3. Menerima atau mengakui suatu kawasan tumpuan umum.
  4. Merupakan suatu pertukaran antarpartisipan. Kedua belah pihak partisipan yang memdiberi dan mendapatkan dalam pembicaraan saling bertukar sebagai pembicara dan penyimak.
  5. Menghubungkan setiap pembicara dengan yang lainnya dan kepada lingkungannya dengan segera. Perilaku lisan sang pembicara selalu berafiliasi dengan responsi yang faktual atau yang diharapkan dari sang penyimak dan sebaliknya. Jadi, korelasi itu bersifat timbal balik atau dua arah.
  6. Berhubungan atau berkaitan dengan masa kini.
  7. Hanya melibatkan pegawanegeri atau perlengkapan yang berafiliasi dengan bunyi atau bunyi bahasa dan pendengaran.
  8. Secara tidak pandang bulu menghadapi serta memperlakukan apa yang faktual dan apa yang diterima sebagai dalil. Keseluruhan lingkungan yang sanggup dilambangkan oleh pembicaraan mencakup beberapa aspek bukan spesialuntuk dunia faktual yang mengelilingi para pembicara tetapi juga secara tidak terbatas dunia gagasan yang lebih luas yang harus mereka masuki.

Faktor Kebahasaan sebagai Penunjang Keefektifan Berbicara
            Keefektifan berbicara seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kebahasaan yang dikuasai olehnya. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah: ketepatan ucapan (tata bunyi), penempatan tekanan, nada, sendi, dan durasi yang sesuai, pilihan kata (diksi), dan kalimat efektif.

  1. Ketepatan Ucapan (Tata Bunyi)
            Seorang pembicara harus membiasakan diri mengucapkan bunyi-bunyi bahasa secara tepat. Pengucapan bunyi bahasa yang kurang tepat, sanggup mengalihkan perhatian pendengar. Pengucapan bunyi bahasa yang kurang tepat atau cacat tersebut juga sanggup menyebabkan kebosanan, kurang sangat bahagia, atau kurang menarikdanunik. Pengucapan bunyi-bunyi bahasa dianggap cacat kalau menyimpang terlalu jauh dari ragam lisan biasa, sehingga terlalu menarikdanunik perhatian, mengganggu komunikasi, atau pemakainya (pembicara) dianggap guah.
Sampai ketika ini, bahasa Indonesia belum mempunyai ucapan yang baku. Namun demikian, ucapan atau tata bunyi bahasa Indonesia yang dianggap baku yaitu tata bunyi yang tidak terpengaruh oleh logat kawasan atau dialek kawasan tertentu. Seorang pembicara yang baik dituntut untuk sanggup membuat imbas emosional yang diinginkan dengan suaranya.  
            Pengucapan kata-kata harus terang terdengar. Untuk itu, gerakan alat-alat ucap terutama lidah, bibir, dan gigi harus leluasa. Gerakan yang tertahan akan menjadikan bunyi yang keluar tidak normal, sehingga kurang terang terdengar. Demikian juga, volume bunyi harus pas, tidakboleh terlalu lemah dan tidakboleh terlalu keras. Kalau memakai pengeras suara, volumenya harus diatur sesuai dengan luasnya ruang dan banyaknya peserta.
Dalam hubungannya dengan olah bunyi atau tata bunyi ini, Pringgawidagda (2003: 9) memberikan hal-hal yang harus diperhatikan, diberikut :
  1. Logat baku tidak bercampur dengan dialek tak baku.
  2. Lafal harus terang dan tegas
  3. Nafas yang kuat biar sanggup menguraikan kalimat yang cukup panjang atau tidak terputus dalam wicara.
  4. Tempo (cepat lambat suara) dan dinamik (intonasi, tekanan, aksen) suara.
  5. Penghayatan, berbicara memerlukan penjiwaan biar sesuai dengan tuntutan situasi dan kondisi.
Pengucapan bunyi-bunyi bahasa yang tidak tepat akan menimbul­kan kebosanan, kurang sangat senang atau kurang menarikdanunik atau sedikitnya sanggup mengalihkan perhatian pendengar.

  1. Penempatan Tekanan, Nada, Sendi, dan Durasi yang Sesuai
Kesesuaian penempatan atau penerapan tekanan, nada, sendi, atau tempo dan durasi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar. Bahkan adakala ialah faktor penentu. Kesalahan dalam penempatan hal-hal tersebut berakibat pada kurang jelasnya isi dan pesan pembicaraan yang ingin disampaikan kepada lawan bicara. Jika penyampaian materi pembicaraan datar saja, hampir sanggup dipastikan akan menyebabkan kejenuhan dan keefektifan berbicara tentu berkurang.
Sebaliknya, kalau dalam berbicara seorang pembicara sanggup menggu­nakan hal-hal tersebut secara benar, maka pembicaraan yang dilakukannya akan berhasil dalam menarikdanunik perhatian pendengar dan balasannya pendengar menjadi senang, tertarik dan akan terus mengikuti pembicaraan yang disampaikannya.
 Tekanan berafiliasi dengan keras lemahnya suara, nada berafiliasi dengan tinggi-rendahnya suara, sendi atau tempo berafiliasi dengan cepat-lambatnya berbicara, dan durasi atau jeda menyangkut perhentian. Keempat hal itu harus sanggup dipadukan secara harmonis untuk memperoleh intonasi yang baik dan menarikdanunik.

  1. Pilihan Kata (Diksi)
            Variasi  pemakaian bahasa dipengaruhi oleh situasi pembicaraan. Bentuk variasi itu sanggup dilihat lewat perwujudan lafal, ejaan, pilihan kata, dan tata kalimat.  Faktor penting yang besar lengan berkuasa terhadap pilihan kata yaitu sikap pembicara, yakni sikap yang berkenaan dengan umur dan kedudukan lawan bicara yang dituju, permasalahan yang disampaikan, dan tujuan informasinya.
Dalam berbicara, pilihan kata yang dilakukan hendaknya yang tepat, jelas, dan bervariasi. Jelas maksudnya praktis dimengerti oleh pendengar yang menjadi samasukan. Pilihan kata dalam sebuah pembica­raan juga harus diadaptasi dengan pokok pembicaraan dan dengan siapa kita berbicara atau berkomunikasi. Komunikasi akan berjalan lancar dan baik apabila  kata-kata yang dipakai oleh pembicara sanggup dipahami oleh pendengar dengan baik.
            Dalam hal pemilihan kata ini, Glenn R. Capp dan Richard Capp, Jr. (dalam Rachmat, 1999: 47-52) menyatakan bahwa bahasa lisan (termasuk pidato) harus memakai kata-kata yang jelas, tepat, dan menarikdanunik.
            Menggunakan kata-kata yang terang maksudnya bahwa kata-kata yang dipakai dalam memberikan pesan kepada para pendengar dihentikan menyebabkan arti ganda dan tetap sanggup mengungkapkan gagasan secara cermat. Untuk mencapai kejelasan tersebut, pembicara harus memperhatikan hal-hal diberikut:
  1. Gunakan istilah yang spesifik (tertentu)
  2. Gunakan kata-kata yang sederhana
  3. Hindari istilah-istilah teknis
  4. Berhemat dalam penerapan kata-kata
  5. Gunakan perulangan atau pernyataan kembali gagasan yang sama dengan pernyataan yang tidak sama.

Penggunaan kata-kata yang tepat berarti bahwa kata-kata yang dipakai harus sesuai dengan kepribadian komuniukator, jenis pesan, keadaan khalayak, dan situasi komunikasi. Penggunaan kata-kata dalam pidato pertemuan resmi akan tidak sama dengan kata-kata yang dipakai dalam pidato pertemuan tidak resmi atau informal. Untuk memperoleh ketepatan dalam penerapan kata-kata, pembicara perlu memperhatikan prinsip-prinsip diberikut:
  1. Hindari kata-kata klise
  2. Gunakan bahasa pamasukan secara hati-hati
  3. Hati-hati dalam penerapan kata-kata pungut
  4. Hindari vulgarisme dan kata-kata yang tidak sopan
  5. Jangan memakai penjulukan
  6. Jangan memakai eufemisme yang berlebih-lebihan.
 Selain harus tepat dan jelas, kata-kata yang dipakai oleh seorang pembicara juga harus menarikdanunik, harus menyebabkan kesan yang kuat, hidup, menarikdanunik perhatian para pendengarnya. Untuk sanggup memakai kata-kata yang menarikdanunik, pembicara harus memperhatikan hal-hal diberikut:
  1. Pilihlah kata-kata yang menyentuh pribadi diri khalayak. Bahasa lisan sebaiknya bergaya percakapan, langsung, dan komunikatif.
  2. Gunakan kata berona, yaitu kata-kata yang sanggup melukiskan sikap dan perasaan, atau keadaan. Warna kata biasanya dipengaruhi oleh asosiasi dengan pengalaman tertentu.
  3. Gunakan bahasa yang figuratif, yaitu bahasa yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyebabkan kesan yang indah. Untuk itu biasanya dipakai gaya bahasa. Gaya bahasa yang paling sering dipergunakan yaitu asosiasi, metafora, personifikasi, dan antitesis.
  4. Gunakan kata-kata tindak (action words), dengan cara memakai kata-kata aktif.

  1. Kalimat Efektif
            Berbicara pada hakikatnya yaitu memberikan kalimat-kalimat. Kalimat terdiri dari kata-kata yang mengandung pengertian. Setiap gagasan, pikiran, konsep, ataupun perasaan seseorang intinya akan disampaikan kepada orang lain dalam bentuk kalimat-kalimat.  Segala pesan yang ingin disampaikan oleh seorang pembicara akan sanggup diterima dengan baik oleh pendengarnya apabila disampaikan dengan kalimat-kalimat yang benar, baik, dan tepat.
            Kalimat yang benar yaitu kalimat yang memenuhi persyaratan gramatikal, yaitu harus disusun berdasarkan kaidah yang berlaku. Kalimat yang baik yaitu kalimat yang sesuai dengan konteks dan situasi yang berlaku. Kalimat yang tepat yaitu kalimat yang dibangun dari pilihan kata yang tepat, disusun berdasarkan kaidah yang benar, dan dipakai dalam situasi yang tepat pula. Kalimat yang benar dan terang yang sanggup dengan praktis dipahami pendengar sesuai dengan maksud pembicara disebut kalimat efektif.
Pesan yang disampaikan dalam sebuah pembicaraan akan sanggup dengan segera dipahami maksudnya apabila dipakai kalimat efektif dalam pembicaraan itu. Kalimat efektif mempunyai ciri-ciri keutuhan, perpaut­an, pemusatan perhatian, dan kehematan.
            Ciri keutuhan dalam kalimat efektif akan terlihat jikalau setiap kata yang dipergunakan memang betul-betul ialah penggalan yang padu dalam  suatu kalimat. Keutuhan kalimat juga ditunjukkan dengan adanya subjek dan predikat dalam kalimat tersebut. Perpautan, berafiliasi dengan korelasi antara unsur-unsur kalimat. Pemusatan perhatian pada penggalan ter­pen­ting dalam kalimat sanggup dicapai dengan menempatkan penggalan pen­ting tersebut pada pertama atau tamat kalimat, sehingga penggalan ini menerima tekanan sewaktu berbicara. Selain itu, kalimat efektif juga harus hemat dalam pemakaian kata-kata ataupun frase .
            Kalimat bisa menarikdanunik kalau ada variasi. Variasi kalimat sanggup dibuat melalui perpaduan panjang-pendek, letak SPOK, aktif-pasif, diberita-tanya-perintah, dan pilihan kata.  Oleh lantaran itu, seorang pembi­cara perlu melengkapi dirinya dengan pengetahuan tentang pola kalimat dasar dan jenis kalimat. melaluiataubersamaini bekal itu seorang pembicara sanggup menyusun kalimat-kalimat efektif yang menarikdanunik dan mempesona.

Sekian artikel perihal Pengertian dan misal Komunikasi Non Verbal dan Verbal. Semoga bermanfaa.

Daftar Pustaka
  • De Vito, Joseph A. (1994), The Public Speaking Guide. New York: Harper College.
  • Helena Olli, Public speaking , PT Indeks, Jakarta, 2007
  • Herlina, Ilmu Pernyataan, Psikologi UPI
  • Lini ambady dan Robert Rosenthal, Nonverbal Communication, Harvard University
  • Susanto, Astrid (1975), Pendapat Umum, Bandung, Binacipta
  • Tarigan, Henry Guntur. 1990. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.            Cetakan ke-6.
  • Rakhmat, Jalaluddin (2000, cetakan ke 6) Retorika Modern,Pendekatan Praktis. Bandung. Remaja Rosdakarya.
  • Prochnow, Herbert V (1987), Penuntun menuju sukses dam berpidato, Bandung, CV Pionir

0 Response to "Pengertian Dan Rujukan Komunikasi Non Lisan Dan Verbal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel