Kumpulan Kd (Kompetensi Dasar) Kelas 8 Smp Semester 1 Edisi Revisi 2017 (Format Doc) Untuk Pengisan E Rapor Smp

KUMPULAN KD (KOMPETENSI DASAR) KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017 (FORMAT DOC)

Berikut ini Kumpulan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Semester 1 edisi revisi 2017  Semua mata pelajaran yang  ditujukan untuk mempergampang rekan guru di sekolah binaan dalam Pengisan E Rapor.

KD (KOMPETENSI DASAR) PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
memahami Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana
3.2
memahamiQ.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait tentang mengonsumsi masakan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari.
3.3
memahami makna diberiman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
3.4
memahami makna diberiman kepada Rasul Allah Swt.
3.5
memahami ancaman mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
3.6
memahami cara menerapkan sikap jujur dan adil
3.7
memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang bau tanah dan guru.

KD Keterampilan
4.1
membacaQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan tartil.
4.2
membacaQ.S. an-Nahl/16: 114 serta Hadis terkait dengan tartil.
4.3
menyajikan dalil naqli tentang diberiman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
4.4
menyajikan dalil naqli tentang kepercayaan kepada Rasul Allah Swt
4.5
menyajikan dampak ancaman mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.
4.6
menyajikan cara menerapkan sikap jujur dan adil
4.7
menyajikan cara berbuat baik, hormat dan patuh kepada orang bau tanah dan guru

KD (KOMPETENSI DASAR) PPKN (PKn) KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
Menelaah pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2
Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem aturan nasional
3.3
Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem aturan nasional di Indonesia

KD Keterampilan
4.1
Menyaji hasil telaah nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari
4.3
Mendemonstrasikan contoh pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem aturan nasional nasional di Indonesia


KD (KOMPETENSI DASAR) BAHASA INDONESIA KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
Mengidentifikasi unsurunsur teks diberita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan teks diberita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca diberita
3.3
Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat gembira dan memotivasi) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar
3.4
Menelaah contoh penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat gembira dan memotivasi) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar
3.5
Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah terkenal dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca
3.6
Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah terkenal dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
3.7
Mengidentifikasi unsurunsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.8
Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca

KD Keterampilan
4.1
Menyimpulkan isi dari diberita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
4.2
Menyajikan data, informasi dalam bentuk diberita secara mulut dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek mulut (lafal, intonasi, mimik, kinesik)
4.3
Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari banyak sekali sumber
4.4
Menyajikan gagasan, pesan, undangan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara mulut dan tulis
4.5
Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah terkenal dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.6
Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah terkenal (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara mulut dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
4.7
Menyimpulkan unsurunsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsurunsur pembangun puisi


KD (KOMPETENSI DASAR) MATEMATIKA KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
Membuat generalisasi dari contoh pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
3.2
Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan persoalan kontekstual
3.3
mendeskripsikan dan menyatakan korelasi dan fungsi dengan memakai banyak sekali representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
3.4
menganalisis fungsi linear (sebagai
persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan persoalan kontekstual
3.5
menerangkan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan persoalan kontekstual

KD Keterampilan
4.1
Membuat generalisasi dari contoh pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
4.2
Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat Kartesius  yang dihubungkan dengan persoalan kontekstual
4.3
menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan korelasi dan fungsi dengan memakai banyak sekali representasi
4.4
menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
4.5
menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel


KD (KOMPETENSI DASAR) IPA KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
3.2
Menganalisis gerak lurus, imbas gaya terhadap gerak menurut aturan Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
3.3
Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
3.4
Menganalisis keterkaitan struktur jaenteng tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
3.5
Menganalisis sistem pencernaan pada insan dan memahami gangguan yang berafiliasi dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
3.6
Menjelaskanberbagai zat aditif dalam masakan dan minuman, zat adiktif, serta  dampaknya terhadap kesehatan

KD Keterampilan
4.1
Menyajikan karya tentang banyak sekali gangguan pada sistem gerak, serta upaya
menjaga kesehatan sistem gerak manusia
4.2
Menyajikan hasil penyelidikan imbas gaya terhadap gerak benda
4.3
Menyajikan hasil penyelidikan atau penyelesaian persoalan tentang manfaat penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
4.4
Menyajikan karya dari hasil penelusuran banyak sekali sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
4.5
Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
4.6
Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan


KD (KOMPETENSI DASAR) IPS  KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
memahami perubahan keruangan dan interaksi  antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN  yang diakibatkan oleh faktor alam dan insan (teknologi, ekonomi, memanfaatkan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik
3.2
interaksi sosial dalam ruang yang tidak sama terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

KD Keterampilan
4.1
menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antar ruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan insan (teknologi, ekonomi, memanfaatkan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik
4.2
menyajikan hasil analisis tentang imbas interaksi sosial dalam ruang yang tidak sama terhadap
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan


KD (KOMPETENSI DASAR) BAHASA INGGRIS KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal mulut dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penerapannya
3.2
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional mulut dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melaksanakan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penerapannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan can, will)
3.3
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional mulut dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penerapannya (Perhatikan unsur kebahasaan must, should)
3.4
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal mulut dan tulis yang melibatkan tindakan menyuruh, mengajak, meminta ijin, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penerapannya
3.5
membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk greeting cards, dengan memdiberi dan meminta informasi terkait dengan hari-hari spesial, sesuai dengan konteks penerapannya
3.6
menerapkan fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional mulut dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, sesuai dengan konteks penerapannya. (Perhatikan unsur kebahasaan there is/are)
3.7
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional mulut dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau yaitu kebenaran umum, sesuai dengan konteks penerapannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple present tense)

KD Keterampilan
4.1
menyusun teks interaksi interpersonal mulut dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan pendapat, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2
menyusun teks interaksi transaksional mulut dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melaksanakan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3
menyusun teks interaksi transaksional mulut dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.4
menyusun teks interaksi interpersonal mulut dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyuruh, mengajak, meminta ijin, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.5
menyusun teks khusus dalam bentuk greeting cards, sangat pendek dan sederhana, terkait harihari Istimewa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.6
menyusun teks interaksi transaksional mulut dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.7
menyusun teks interaksi transaksional mulut dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keadaan / ndakan / acara / insiden yang dilakukan/terjadi secara rutin atau yaitu kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


KD (KOMPETENSI DASAR) PENJASORKES KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
Memahami variasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
3.2
Memahami variasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
3.3
Memahami variasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional
3.4
Memahami variasi gerak spesifik seni beladiri
3.5
Memahami konsep tes peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan kordinasi) serta pengukuran hasilnya

KD Keterampilan
4.1
Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.2
Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
4.3
Mempraktikkan variasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional
4.4
Mempraktikkan variasi gerak spesifik seni beladiri
4.5
Mempraktikkan tes peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya


KD (KOMPETENSI DASAR) SENI BUDAYA KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
memahami unsur, prinsip, metode dan mekanisme menggambar memakai model dengan banyak sekali bahan
3.2
memahami mekanisme menggambar illustrasi dengan metode manual atau digital
3.3
memahami metode dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
3.4
memahami metode dan gaya lagu kawasan dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok

KD Keterampilan
4.1
menggambar memakai model dengan banyak sekali materi dan metode menurut pengamatan
4.2
menggambar illustrasi dengan metode manual atau digital
4.3
menyanyikan lagu-lagu kawasan yang sesuai dengan metode, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan
4.4
menyanyikan lagu-lagu kawasan dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok


KD (KOMPETENSI DASAR) PRAKARYA  KELAS 8 Sekolah Menengah Pertama SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
komoditas ternak keakungan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang sanggup dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
3.2
memahami kebutuhan dan karakteristik masukana dan peralatan budidaya ternak keakungan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
3.3
memahami tahapan budidaya ternak keakungan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
3.4
menganalisis komoditas satwa impian (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang sanggup dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
3.5
memahami kebutuhan dan karakteristik masukana dan peralatan budidaya satwa impian (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
3.6
memahami tahapan budidaya satwa impian (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)

KD Keterampilan
4.1
komoditas ternak keakungan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang sanggup dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.2
mempersiapkan masukana dan peralatan budidaya ternak keakungan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
4.3
mempraktikkan tahapan budidaya ternak keakungan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
4.4
menerapkan komoditas satwa impian (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang sanggup dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.5
menentukan masukana dan peralatan ternak satwa impian (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
4.6
mempraktikkan budidaya satwa impian (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)


Demikian Kumpulan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Semester 1 edisi revisi 2017  (Format Doc) Untuk Pengisan E Rapor SMP.





= Baca Juga =



0 Response to "Kumpulan Kd (Kompetensi Dasar) Kelas 8 Smp Semester 1 Edisi Revisi 2017 (Format Doc) Untuk Pengisan E Rapor Smp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel